Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Cover Mobil Efektif Lawan Suhu Panas?

Kompas.com - 02/10/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menghadapi cuaca ekstrem dan suhu panas di wilayah Jabodetabek, banyak pemilik kendaraan yang mulai menerapkan tips-tips perawatan untuk mencegah kerusakan.

Satu tips yang ramai diperbincangkan adalah menggunakan car cover alias sarung mobil. Banyak yang mengklaim jika aksesori ini bisa melindungi mobil dari paparan panas, namun benarkah demikian?

Dimas Faturrahman, Pemilik Bengkel Spesialis Autolamp dan Body Repair Dimas Motor menjelaskan, anjuran ini tidak sepenuhnya benar dan ada beberapa miskonsepsi yang harus diluruskan.

Menurutnya, sarung mobil hanya efektif melindungi bodi mobil dari benda asing, contohnya seperti debu atau kerikil, kotoran burung, air hujan, atau semacamnya.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Bisa Cegah Terjadinya Pecah Ban

Cat mobil terkelupas dan mika menguning karena terpapar panas matahariKOMPAS.com/daafa Cat mobil terkelupas dan mika menguning karena terpapar panas matahari

Berbeda dengan anggapan awal, sarung mobil tidak bisa melindungi bodi dari paparan panas, sebab suhu masih bisa masuk dan tersalur, walaupun kondisinya tertutup.

“Bahan sarung mobil kan tipis, jadi sebetulnya enggak ada bedanya antara ditutup atau enggak. Kalau posisinya dijemur, pasti tetap kepanasan,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, Sabtu (30/9/2023).

Dia menambahkan, sarung mobil sejatinya efektif digunakan untuk melawan hujan atau embun. Namun saat cuaca panas, efektivitasnya dirasa kurang, bahkan tidak ada.

Baca juga: Cuaca Panas, Parkir Mobil Sembarangan Bisa Sebabkan Kebakaran

Cegah cat mobil berkarat dengan memperhatikan tempat parkir dan memberikan pelindung khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Cegah cat mobil berkarat dengan memperhatikan tempat parkir dan memberikan pelindung khusus.

“Kalau kena panas, bodi mobil masih bisa rusak. Bisa catnya ngelotok atau headlamp pecah rambut,” ucap dia.

Untuk amannya, Dimas menganjurkan pengendara agar selalu memarkir mobil di lokasi teduh. Tidak wajib di garasi, tempat parkir yang menggunakan kanopi pun dianggap cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com