Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Hampir Kena Benang Layangan, Pentingnya Pakai Jaket Proper

Kompas.com - 19/09/2023, 17:08 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video tiktok, menunjukkan pengendara motor yang menceritakan kejadian nahas, saat dirinya hampir tergorok benang layangan.

Pengunggah video dengan @anbuhikaru itu bercerita, dirinya terjerat benang layangan saat berkendara.

Benang tersebut juga menimbulkan goresan yang cukup dalam di beberapa bagian, termasuk fender depan motor.

“Guys, pokoknya hati-hati banget yang di jalan, ini barusan gua kena benang layangan. Sampai kebelah loh bodi motor, bayangin kalau ini leher loe,” ucapnya sembari menunjuk kerusakan, dikutip Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Baca juga: Video Viral WNA Dorong Polisi Saat Ditilang, Cuma Dapat Teguran

@anbuhikaru Hati hati yg naik motor !! #benanglayangan ? suara asli - Anbu Hikaru

Video viral yang sudah ditonton sebanyak 308.000 kali itu mendapat beragam reaksi dari warganet. Banyak yang mengaku terheran-heran dengan kekuatan dan bahaya dari benang layangan.

“Kabel wifi rumah gw sempet putus kena benang layangan, ntu kabel optik loh!” tulis akun @~elalii.

“Pernah nyangkut di kaki gw, gw kira itu besi. Panas dan sakit bett, jadi emang kudu ati-ati,” kata akun @org123.0.

Beruntungnya, si pengunggah video ternyata tidak mengalami luka serius, sebab benang layangan yang hampir menggorok leher justru tersangkut dan merobek bagian kerah jaket.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman Kompas.com/Daafa Alhaqqy Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman

Mengomentari video ini, Jovand, Sales Head RCW Dainase Indonesia sebagai penyedia apparel, menekankan pentingnya berkendara menggunakan jaket motor khusus.

Sebab situasi nahas bisa terjadi kapanpun dengan bermacam sebab, contohnya seperti di video. Menurut Jovand, bisa saja leher pengendara terpotong jika tidak menggunakan jaket tebal.

Benang layangan itu kan emang keras dan tajam, bahannya serat kaca silika. Yang pernah main layangan pasti ngerti banget soal ini,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Baca juga: Viral, Video Wanita Teriak Minta Tolong Saat Naik Taksi Online

Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman Kompas.com/Daafa Alhaqqy Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman

Resiko semacam ini sejatinya bisa diminimalisir dengan kebiasaan mudah, yakni selalu menggunakan apparel berkendara lengkap berupa jaket tebal, sarung tangan, dan sepatu.

“Terus usahakan kalau pake jaket, pilih yang menutup leher dan ada kerahnya. Ini jauh lebih aman karena perlindungannya ekstra,” ucapnya.

Jika tidak memiliki jaket berkerah, pengendara bisa menggunakan balaclava, alias masker khusus berukuran tebal yang menutupi sebagian area wajah dan leher.

“Beli jaket enggak wajib mahal dan premium, buat pemula, yang penting tebal dan menutupi badan,” kata Jovand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com