Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelan AC Mobil yang Pas Saat Cuaca Panas, Manfaatkan Fitur Auto AC

Kompas.com - 29/09/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda suhu panas berlebih. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada 10 hari terakhir suhu udara Jakarta terpantau mencapai 35-37 derajat Celcius.

Hal ini lantaran pada bulan September posisi semu matahari berada tepat di atas khatulistiwa sehingga sinar matahari terasa lebih terik.

Belum lagi, tingkat pertumbuhan awan yang minim turut memicu optimalnya panas sinar matahari. Sehingga, radiasi matahari masuk tanpa adanya halangan.

Sejalan dengan kondisi ini, bagi masyarakat yang aktif menggunakan mobil tentu saja akan menyetel air conditioner (AC) terlebih dulu guna mendinginkan suhu kabin.

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan setelan AC mobil dalam kondisi cuaca panas seperti saat ini?

Baca juga: Jelang MotoGP Mandalika 2023, Akses Menuju Sirkuit Mulai Dipersiapkan

M Gunawan, Kepala bengkel spesialis AC mobil Premium 99 mengatakan, dalam kondisi cuaca panas seperti ini, pemilik mobil bisa memanfaatkan fitur auto untuk menyetel AC.

“Kalau mobil terbaru itu ada namanya auto di mana sistem yang akan bekerja lebih maksimal adalah di blower. Jadi, blowernya akan naik dengan sendirinya turun dengan sendirinya, ini menjaga kestabilan suhu ruangan yang kita inginkan,” ucap Gunawan, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Sedangkan buat mobil belum memiliki fitur auto, menurut Gunawan, pemilik mobil bisa melakukan pengaturan suhu AC secara manual.

“Misalnya mobil yang belum ada auto itu bisa kita lakukan dengan cara manual, kita naikin speednya (blower). Misal, dari empat, kemudian sudah nyaman kita turunkan ketiga, terus kedua sampai ke satu,” kata Gunawan.

Baca juga: Awas Dehidrasi, Berkendara Motor Saat Cuaca Panas

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, untuk pengaturan suhu dikembalikan kepada pengguna mobil, karena masing-masing berbeda.

“Kalau suhu paling dingin namun embusan blower pelan, membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mencapai suhu yang diinginkan,” kata Didi.

Maka yang terpenting adalah pengaturan suhunya nyaman bagi pengemudi dan juga penumpang di dalam mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com