Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Sebut Tak Semua Jasa Inspektor Mobil Bekas Benar

Kompas.com - 26/09/2023, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa inspeksi kendaraan mulai banyak bermunculan. Jasa ini menawarkan bantuan buat calon konsumen dengan memeriksa detail mobil bekas yang akan dibeli.

Andi, dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran, mengatakan, jika ingin memakai jasa inspeksi kendaraan mobil bekas maka pilih yang memang sudah berpengalaman atau dari perusahaan besar.

Baca juga: Tercatat 3 Orang Meninggal dan 16 Kecelakaan Setiap Jam di Indonesia

Pemeriksaan mobil bekas dilakukan dengan teliti oleh Inspector MobilIstimewa Pemeriksaan mobil bekas dilakukan dengan teliti oleh Inspector Mobil

"Ada beberapa yang tidak bisa dipercaya dan ada justri dialihkan karena mereka bisa dapat komsisi, kalau yang sudah ada nama Otospector, dia masih oke megang komitmen," kata Andi kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Andi mengatakan, jasa inspeksi seperti ini memang bersinggungan langsung dengan pedagang mobil bekas dan musuh buat pedagang mobil yang culas, namun bukan berarti jasa inspeksi seperti ini bisa tidak bermain.

Triknya bisa saja unit yang akan dibeli justru dibilang kurang baik. Kemudian mengarahkan pada mobil lain yang dibilang bagus.

Baca juga: Kenali Efek Negatif Hilangkan Kerak Oli dengan Metode Engine Flush

Diler Mobil Bekas di MGK KemayoranKompas.com/ Janlika Putri Diler Mobil Bekas di MGK Kemayoran

"Malah kadang mobil kita dibilang masalah kecil dan dibesar-besarkan, kalau buat kami itu dibuat-buat dibesar-besarkan mending ceka langsung saja cek ke bengkel spesialis," ujarnya.

"Saya pernah jual BMW 2012 barang bagus, pakai inspektor, terus calon konsumen jadi pikir-pikir, berarti saya bilang ini tidak benar, saya bawa ke bengkel spesialis BMW dicek sama mereka baik-baik saja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com