Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap ECGO 5, Motor Listrik Bergaya Skuter Eropa

Kompas.com - 26/09/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ECGO merupakan merek motor listrik yang sudah hadir di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Pada awal 2023, ECGO meluncurkan motor baru, yakni ECGO 5.

Pada kesempatan kali ini, redaksi Kompas.com mengunjungi diler ECGO yang ada di daerah Haji Nawi, Jakarta Selatan. Sekalian mengulas salah satu model andalannya, ECGO 5 yang mejeng di diler tersebut.

Secara tampilan, ECGO 5 membawa desain yang cukup sering digunakan pabrikan motor listrik, yakni skuter gaya Eropa. Modelnya cenderung punya tarikan garis yang membulat, ditambah model lampu depan yang bulat.

Baca juga: Tes Singkat ECGO 3, Power Galak Enak buat Boncengan


Sepatbor depan juga terbilang unik, ukurannya besar, hampir menutupi pelek depan yang ukurannya 10 inci. Sedangkan desain lampu tadi, di depan bulat dan dikelilingi dengan DRL LED.

Lampu sein juga sudah LED, dengan aksen krom yang manis menghubungkan keduanya. Tapi sayang, untuk lampu depan masih berwarna kuning dan halogen.

Pada bagian samping, desain membulat masih dibawa, tarikan garisnya menyambung dari depan sampai belakang. Sangat kelihatan ringkas motornya kalau dari samping, panjangnya saja cuma 175 cm.

Baca juga: Catat, Ada Perubahan Jadwal Ganjil Genap Jakarta Pekan Ini

ECGO 5KOMPAS.com/SENDY ECGO 5

Pada bagian belakang, desain lampunya familiar, layaknya yang digunakan di Viar Q1. Cuma bedanya, sudah full LED dengan model lampu sein sequential yang berjalan dari tengah ke sisi luar.

Soal spesifikasi, ECGO 5 punya baterai 1,5 kWh yang dikombinasi dengan dinamo 1,8 kW. Hasilnya, motor bisa melaju sampai 60 Kpj dan jarak tempuh 70 Km sekali cas.

Lama pengecasan, kalau pakai casan standar, bisa lima jam sampai enam jam baru penuh. Sedangkan yang fast charging, dengan charger 650 Watt, cukup 2,5 jam saja maka baterai terisi penuh.

ECGO 5KOMPAS.com/SENDY ECGO 5

Untuk fitur, sebenarnya tidak terlalu banyak dan sederhana. Ada tiga mode berkendara yang membatasi kecepatannya, sisi pengereman memakai cakram di bagian depan dan belakang masih tromol.

Soal harga, ECGO 5 dibanderol Rp 20,9 juta. Memang cukup tinggi, tapi ECGO sedang menunggu proses untuk mendapatkan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah, maka harganya bisa menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com