Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selang Bensin Moge Kerap Jadi Biang Kebakaran

Kompas.com - 22/09/2023, 19:05 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian motor gede (moge) terbakar masih sering terjadi di Indonesia. Bahkan belum lama ini ada kejadian di daerah BSD di mana ada moge yang terbakar, belum diketahui penyebabnya.

Tapi kebanyakan, moge yang tiba-tiba terbakar saat digunakan adalah karena selang bensin yang getas. Bensin menetes dari selang tadi, kena panas mesin moge yang sangat tinggi, terjadilah percikan api.

Soal selang bensin, kenapa kejadian terbakar ini ramai terdengar di moge daripada motor biasa?

Baca juga: Moge Terbakar di BSD, Diduga karena Selang Bensin

Mesin motor Harley-Davidson Pan America 1250KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin motor Harley-Davidson Pan America 1250

Sucipto Wijono S, Section Head Marketing Kawasaki Motor Indonesia mengatakan, sebenarnya moge yang terbakar karena selang besin getas tergantung dari pemakaian pemiliknya.

"Kalau kebakar, tergantung pemakaian dan umur kendaraan juga. Jadi tergantung personalnya," kata pria yang akrab disapa Cipto kepada Kompas.com, Jumat (22/9/2023).

Pemakaian moge yang jarang, maka sering tidak terlihat komponen apa yang ternyata sudah saatnya diganti. Berbeda kalau sering digunakan, maka juga jadi sering dirawat, diperhatikan semua komponennya.

Baca juga: Motor Ini Hampir Tabrakan Saat Menyalip di Tikungan


"Pemakaian yang jarang bisa, jadi selang-selang tidak elastis, ada risiko getas. Umur motor juga terlalu lama," kata Cipto.

Selama motor dirawat berkala, sebenarnya kejadian moge terbakar bisa dihindari. Setidaknya semua komponen jadi sering diperhatikan, kalau sudah mau getas, maka bisa segera diganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com