Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XForce Modal Mitsubishi Bersaing di Segmen SUV Ringkas

Kompas.com - 18/08/2023, 08:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com – Persaingan Sport Utility Vehicle (SUV) segmen B atau lebih dikenal dengan sebutan SUV ringkas di Indonesia begitu ketat. Kelas ini dihuni oleh sejumlah pabrikan, seperti Toyota Yaris Cross, Honda HR-V, Hyundai Creta, Chery Omoda 5, Suzuki Grand Vitara, Kia Seltos, Mazda CX-3 dan Wuling Alvez.

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) distribusi SUV berkapasitas 5-penumpang ini meningkat 33,9 persen sepanjang Januari-Juni 2023. Penjualan model ini naik dari 18.758 unit menjadi 28.414 unit.

Menariknya, penjualan SUV ringkas ini mengambil porsi 5,6 persen dari total wholesales  atau distribusi dari pabrik ke diler roda empat nasional yang mencapai 505.985 unit pada semester pertama 2023. Tahun lalu pangsa pasar segmen ini berkontribusi sebesar 3,9 persen pada periode yang sama.

Baca juga: Komentar Masyarakat Usai Tes Motor Listrik di GIIAS 2023

Melihat tren penjualan yang terus meningkat, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masuk gelanggang dengan mengandalkan Mitsubishi XForce. SUV ringkas ini resmi diluncurkan pada 10 Agustus 2023 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), di ICE, BSD, Tangerang.

Proses peluncuran XForce pun dilakukan oleh Presiden dan CEO Mitsubishi Motor Corporation Takao Kato yang membawa delegasi pejabat dari kantor pusat Mitsubishi di Jepang.

Mitsubishi XForce di GIIAS 2023dok.MMKSI Mitsubishi XForce di GIIAS 2023

Saat peluncuran, Kato mengatakan, XForce dikembangkan sejak tiga tahun lalu di Indonesia dengan target memenuhi kebutuhan pasar di negara-negara ASEAN.

”SUV ringkas ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini,” tutur Kato, Kamis (10/8/2023) di booth Mitsubishi hall 10, ICE, BSD, Tangerang.

Mitsubishi XForce dijual dalam dua varian, yakni Ultimate dan Exceed. Tipe Ultimate dijual Rp 412,9 juta, dan Exceed Rp 379,9 juta. Terdapat enam pilihan warna untuk semua varian, yaitu abu-abu metalik, kuning metalik, putih metalik, hitam, perak, dan merah metalik.

Baca juga: Kenalan dengan Fitur Fungsional Mitsubishi XForce

Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita, menjelaskan, bahwa awalnya SUV ringkas ini ditargetkan bisa terjual 10.000 unit sampai akhir tahun. Akan tetapi melihat animo masyarakat yang tinggi, maka perusahaan mempertimbangkan untuk melakukan revisi.

"Karena animo masyarakat begitu tinggi, kami sedang merumuskan strategi yang tepat. Jadi kami sedang berpikir apakan harus direvisi atau tidak, kita lihat saja ke depan bagaimana hasilnya," ujar Kurita.

Desain

Mitsubishi XForceKompas.com/Nanda Mitsubishi XForce

Bicara mengenai desain, Alessandro Dambrosio, Executive Design Director Mitsubishi Motor Corporation, menuturkan, XForce merupakan salah satu model pertama Mitsubishi yang mengenakan hasil evolusi terbaru konsep Dynamic Shield.

Klaim Alessandro, Dynamic Shield merupakan bagian dari DNA desain Mitsubishi yang menggambarkan konsep perlindungan dan performa.

”Tentunya ada dua desainer asal Indonesia yang tergabung dalam tim desain Mitsubishi XForce ini,” ujar mantan desainer Audi, Maserati, dan Fiat ini.

Secara rancang bangun, XForce menggunakan platform yang sama dengan Xpander. Begitu juga dengan mesin serta transmisinya, tetapi dikembangkan lagi agar bisa memberikan pengalaman mengemudi yang terbaik untuk konsumen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com