Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Fitur Fungsional Mitsubishi XForce

Kompas.com - 16/08/2023, 12:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Hadir sebagai pemain baru, Mitsubishi XForce punya beberapa modal untuk bersaing dengan kompetitor-kompetitornya di SUV segmen B.

Tak sekadar dari desain dan fitur yang terlihat saja, tapi juga beberapa penyematan teknologi lainnya yang diaplikasi guna mendukung kenyamanan pengendara dan penumpang.

Hal tersebut redaksi rasakan ketika melakukan sesi test drive singat pada area terbatas di GIIAS 2023. Paling utama soal kemudahan mengakses pilihan empat mode berkendara.

Baca juga: Polusi Udara Memburuk, Ahok Sebut karena Masyarakat Masih Pakai BBM Subsidi

Mitsubishi XForce memberikan empat pilihan mode berkendara yang digadang-gadang dapat memaksimalkan sensasi berkendara bagi pengemudi ketika melewati ragam medan.

Pilihannya normal, gravel, wet, dan mud. Pengendara cukup mengaktifkan melalui tuas kecil yang berada di sebelah kiri dekat transmisi, otomatis sistem akan langsung memberikan perubahan menyesuaikan kebutuhan.

Mitsubishi XForce GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce GIIAS 2023

Tak hanya itu, memaksimalkan performa handling guna menghadirkan impresi mengemudi fun to drive, Mitsubishi ikut menyematkan Active Yaw Control (AYC) yang dapat bekerja otomatis saat mobil melakukan manuver berbelok di jalan kering maupun licin.

Sistem AYC diklaim ampuh meningkatkan performa menikung menyesuaikan gaya pengereman roda depan guna mengoptimalkan kestabilan kendaraan.

Baca juga: Baterai Suzuki XL7 Hybrid Rusak, Segini Biaya Perbaikannya

Cara kerjanya berkolaborasi dengan ABS dan ASC dan secara garis besar dapat membaca wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

Ketika XForce menikung di permukaan jalan licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam. Sehingga dapat meminimalkan understeer juga memungkinkan mobil tetap mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Meski area test drive cukup sempit, tapi redaksi sempat menjajal singkat melakukan manuver. Walau tak terlalu maksimal karena keterbatasan kecepatan kendaraan, tapi paling tidak handlingnya sudah menunjukkan kesan yang cukup baik.

Mitsubishi XForce GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce GIIAS 2023

Apalagi XForce memang memiliki radius putar yang kecil, yakni 5,2 m, serta kemudi yang ringan dan responsif untuk dikendarai. Untuk bantingan suspensi yang diklaim telah mendapat setingan khusus, sedikit terasa masih keras.

Baca juga: Komparasi Performa XForce, HR-V, dan Creta di Atas Kertas

Sajian fitur yang serba informatif dari Advanced Monolithic Display & Meter, dapat memberikan pengalaman baru calon konsumen Mitsubishi yang disediakan pada XForce.

Informasi seputar kendaraan yang lengkap tersaji melalui Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci. Konsumen juga mudah memantau tekanan udara pada ban dengan hadirnya tire pressure monitoring system (TPMS).

Mitsubishi XForce GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce GIIAS 2023

Untuk Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, dan Rear Cross Traffic Alert juga sudah tersemat pada XForce.

Mitsubishi resmi memasarkan XForce dalam dua pilihan menggunakan mesin 1.500 cc yang sama dengan Xpander. Untuk harga, tipe Exceed CVT dipasarkan Rp 379,9 juta sementara varian tertinggi mencapai Rp 412,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com