BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mitsubishi

Siap Jadi Game Changer, Mitsubishi Motors Luncurkan Mitsubishi XFORCE di GIIAS 2023

Kompas.com - 18/08/2023, 16:20 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Corporation resmi meluncurkan mobil compact sport utility vehicle (SUV) teranyar Mitsubishi XFORCE pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023).

Memiliki karakter stylish dan robust, Mitsubishi XFORCE memiliki desain SUV autentik yang mengacu pada konsep best-suited buddy for an exciting life.

Berbagai keunggulan tersebut membuat Mitsubishi XFORCE menjadi compact SUV yang memberikan rasa aman saat dikemudikan dalam berbagai kondisi cuaca dan jalan.

President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Takao Kato mengatakan bahwa sebagai compact SUV teranyar, Mitsubishi XFORCE dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengendara berkat kemudahan handling, interior yang nyaman, serta kemudahan penggunaan berbagai fiturnya.

Baca juga: Mitsubishi XForce Ada Harga Promo Lebih Murah Rp 6 Jutaan

“Kami berharap, Mitsubishi XFORCE akan menjadi teman paling cocok untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan pengemudi. Semoga mobil SUV teranyar Mitsubishi ini dapat memberi kekuatan ekstra untuk melangkah lebih jauh dan mengalami sesuatu yang baru,” ujar Takao Kato.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita menjelaskan bahwa kebutuhan akan segmen mobil SUV dipicu oleh faktor emosional, seperti status sosial, kepribadian serta citra prestisius.

Selain itu, berbagai faktor fungsional, seperti fitur lengkap, kenyamanan dan keamanan, serta performa kendaraan yang kuat juga menjadi elemen penting dalam memilih kendaraan. Terlebih, saat ini, kendaraan tidak hanya digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, tapi juga untuk rekreasi dan interaksi sosial.

Kehadiran Mitsubishi XFORCE, lanjut Kurita, akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia. Mitsubishi XFORCE dinilai sejalan dengan preferensi beragam konsumen yang menginginkan mobil compact SUV futuristic, prestigious, dan comfort. Hal ini ditunjang oleh layanan purnajual yang optimal.

“XFORCE hadir di tengah kondisi pasar yang telah diisi banyak merek dengan berbagai teknologi, model dan fitur yang ditawarkan kepada masyarakat. Untuk itu, XFORCE harus menjadi game changer, seperti layaknya Xpander saat memasuki pasar Small MPV di Indonesia yang sangat populer pada 2017,” tutur Kurita.

Desain futuristik dan prestisius

Mitsubishi XFORCE memiliki dimensi panjang 4.390 milimeter (mm), lebar 1.8110 mm, tinggi 1.660 mm, wheelbase 2.650 mm, serta ground clearance kelas atas dengan ketinggian 222 mm.

Mengusung desain silky and solid, Mitsubishi XFORCE tampil stylish dan bertenaga dengan menggabungkan keanggunan dan ketangguhan.

Pada bagian depan, Mitsubishi menggunakan desain Dynamic Shield yang terdiri dari bumper kiri dan kanan untuk melindungi gril depan. Desain ini melambangkan performa power train dan dipadukan secara tiga dimensi untuk menciptakan kesan sporty.

Untuk sektor pencahayaan, Mitsubishi XFORCE menggunakan lampu berdesain bentuk L. Lampu akan membentuk T-shape saat menyala ketika berkolaborasi dengan daytime running light (DRL) pada bagian bawah.

Presiden Mitsubishi Motors Takao Kato. DOK. Mitsubishi. Presiden Mitsubishi Motors Takao Kato.

Sementara itu, bagian bawah bodi mengadopsi proporsi SUV yang kokoh. Hal ini tampak dari spakbor berotot dengan ground clearance 222 mm yang terbilang cukup tinggi untuk kelas SUV ringkas. Menggunakan velg berukuran 18 inci dan ban berdiameter besar, XForce cocok digunakan untuk segala medan jalan.

Pada bagian belakang, tulisan XFORCE tampil dengan desain gagah dan terkesan tangguh. Hal ini ditunjang bumper belakang yang tebal serta stoplamp berbentuk T-shape seperti di bagian depan.

Interior ringkas dengan kenyamanan berkelas

Meski memiliki ukuran bodi yang ringkas, Mitsubishi XFORCE menawarkan ruang interior lapang yang membuat pengemudi dan penumpang dapat bersantai. Kursi depan menawarkan ruang duduk kelas atas dengan area bahu yang luas untuk menambah kenyamanan.

Selain itu, setiap kursi memberikan dukungan dan kenyamanan karena dapat mencegah gerakan tubuh ke samping dalam situasi perubahan jalur dan jalan yang kasar. Dengan demikian, penumpang dapat bersantai dengan nyaman, bahkan dalam kemacetan lalu lintas.

Bagian kabin tampak modern dengan horizontal axis instrument panel yang didominasi warna abu-abu dan kain berjenis melange berwarna mocha.

Dasbor Mitsubishi XFORCE. DOK. Mitsubishi. Dasbor Mitsubishi XFORCE.

Untuk sistem navigasi, Mitsubishi XFORCE sudah dibekali dengan layar multi information display (MID) berukuran 8 inci dan smartphone-link display audio (SDA) berukuran 12,3 inci. Layar ini dapat terkoneksi dengan smartphone, Wireless Connectivity, Android Auto, serta Apple Carplay.

Untuk memaksimalkan hiburan, Mitsubishi XFORCE dibekali dengan Dynamic Sound Yamaha Premium. Sistem audio ini merupakan hasil kolaborasi engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister untuk menciptakan dynamic sound sistem audio tingkat tinggi.

Kolaborasi tersebut menghasilkan 8 speaker terintegrasi dan 4 preset equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan suasana hati pengendara serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

Baca juga: Kenalan dengan Fitur Fungsional Mitsubishi XForce

Terlepas dari ukuran bodinya yang ringkas, XFORCE menawarkan area bagasi luas. Ruang bagasinya lebih dari cukup untuk menampung barang bawaan berukuran besar, seperti sepeda dan koper. Compact SUV teranyar Mitsubishi ini juga menyediakan lantai ruang kargo yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Untuk memaksimalkan ruang, kursi dapat diatur secara 40/20/40 supaya pengguna dapat mencapai kapasitas muatan tinggi. Dengan demikian, pengguna dapat membawa barang yang panjang sembari menyediakan ruang yang cukup untuk empat penumpang duduk dengan nyaman.

Selain itu, terdapat juga ruang penyimpanan smartphone yang cukup luas, wireless charger di konsol tengah, soket ACC di setiap baris, serta ruang untuk meletakkan smartphone di setiap kursi.

Mesin teruji dan suspensi lebih besar

Untuk dapur pacu, Mitsubishi XFORCE dibekali dengan mesin Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system (MIVEC) 1.500 cc Dual Overhead Camshaft (DOHC) 16-valve. Mesin ini mampu memberikan akselerasi bertenaga dan responsif melalui kontrol perputaran mesin, seperti pada transmisi bertahap ketika akselerator ditekan penuh.

Ketika akselerator ditekan secara ringan, mesin yang bertransmisi continuously variable transmission (CVT) itu mampu memaksimalkan performa mesin untuk mencapai efisiensi bahan bakar dan akselerasi senyap dengan transmisi halus.

Dengan respons yang telah ditingkatkan pada tanjakan, mesin XFORCE dapat menunjukan kapasitas menanjak yang bertenaga tanpa harus menekan akselerator secara kuat. Pengereman mesin yang diperkuat ketika menurun dapat mengurangi ketidaknyamanan dari pengereman yang sering. Dengan demikian, pengendara menjadi lebih nyaman saat membawa mobil.

Untuk suspensi, Mitsubishi XFORCE dibekali well-tuned suspension untuk kenyamanan berkendara di kondisi jalan ASEAN yang menantang. Sistem suspensi ini dapat meningkatkan rasa kemudi dan stabilitas garis lurus melalui caster trail lebih besar dan rasio gear OA yang dipercepat di suspensi depan.

Sementara itu, bushing suspensi belakang telah diperbaiki dan ukuran silinder peredam kejut telah ditingkatkan.

Pembaruan ini dilakukan untuk meningkatkan stabilitas roda kemudi dan kenyamanan berkendara serta mencapai pengendaraan yang menyenangkan, bahkan di jalan yang kasar dan bergelombang. Evaluasi telah berulang kali dilakukan secara aktual di jalan-jalan kawasan ASEAN untuk memastikan penyetelan yang optimal.

Fitur keamanan dan kenyamanan berkendara

Mitsubishi XFORCE dibekali berbagai fitur yang cukup lengkap di kelasnya. Mobil ini dibekali dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Wet, Gravel, Mud. Fitur Wet yang terdapat pada mobil ini menjadi yang pertama kali hadir untuk model Mitsubishi Motors. Berbagai fitur ini dapat dipilih dengan menyesuaikan pada kondisi jalan.

Untuk fitur keamanan, Mitsubishi XFORCE dibekali empat SRS airbag dan sistem driver assistance untuk meningkatkan ketenangan berkendara. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan Advanced Driver Assistance System (ADAS), seperti Cruise Control, Forward Collision Mitigation (FCM), Automatic High Beam (AHB), Lead Car Departure Notification (LCDN), Blind Spot Warning dengan fungsi Lane Change Assist (BSW/LCA), Tire Pressure Monitoring System, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist, sistem Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Auto Light Control dan Rain Sensor.

Mitsubishi XFORCE juga memiliki berbagai fitur lain yang tidak dimiliki mobil lain di kelasnya. Pada bagian AC, XFORCE dilengkapi fitur AC premium Dual Zone Auto Climate Control dengan teknologi Nanoex X yang mampu menghambat bakteri dan virus.

Baca juga: Keunggulan Dashcam Bawaan Mitsubishi XForce

Selanjutnya, empat mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC). AYC merupakan sistem pengereman yang dapat meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. Sistem ini untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di kondisi jalan yang licin.

Selain itu, Mitsubishi XFORCE dibekali power tailgate atau pintu bagasi elektrik yang bisa dibuka menggunakan sensor kaki. Berbagai fitur ini hanya dapat membantu Mitsubishi XFORCE yang tidak dimiliki mobil lain di kelasnya.

Harga dan varian

Sebagai informasi, MMKSI meluncurkan Mitsubishi XFORCE dalam dua varian, yakni Mitsubishi XFORCE Ultimate CVT dan Mitsubishi XFORCE Exceed CVT. Sebagai varian tertinggi, Mitsubishi XFORCE Ultimate CVT dibanderol Rp 412.900.000 untuk harga on the road (OTR) Jakarta. Sementara itu, varian Mitsubishi XFORCE Exceed CVT dibanderol Rp 379.900.000 untuk OTR Jakarta.

Masing-masing varian memiliki enam warna, yakni Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Konsumen yang hendak melakukan pembelian Mitsubishi XFORCE dapat memanfaatkan berbagai program paket penjualan menarik, seperti paket smart cash, bunga rendah, serta paket khusus untuk konsumen loyal Mitsubishi Motors.

Bagian belakang Mitsubishi XForce yang luas dapat digunakan untuk menyimpan barang. DOK. Mitsubishi. Bagian belakang Mitsubishi XForce yang luas dapat digunakan untuk menyimpan barang.

 

Setiap pembelian Mitsubishi XFORCE, konsumen akan mendapatkan kemudahan perawatan kendaraan di periode purna jual berupa SMART Package Plus. Salah satu keuntungannya adalah bebas perawatan berkala dan suku cadang selama 4 tahun atau 50.000 kilometer (km), tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan tambahan extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km yang mencakup bebas layanan emergensi selama 3 tahun 24 jam penuh, bebas garansi ban, serta asuransi jiwa selama 1 tahun. Program ini berlaku sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah diluncurkan di GIIAS, Mitsubishi XFORCE akan hadir dan menyambangi masyarakat Indonesia di berbagai kota besar di Indonesia.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jadwal aktivitas local launching Mitsubishi XFORCE, silahkan mengunjungi laman spesial di situs resmi MMKSI melalui tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com