Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fitur Mobil Listrik Neta V

Kompas.com - 21/09/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Neta resmi meluncurkan Neta V di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu. Sebelumnya penguji hanya merasakan di area test drive, kali ini bisa menjajalnya beberapa hari.

Sebelumnya Kompas.com sudah mengulas mengenai desain, maka kali ini akan mengulas fitur. Sebab fitur merupakan salah satu keunggulan yang jadi daya tarik tersendiri buat calon konsumen ketika ingin memutuskan membeli mobil.

Baca juga: Jalur Puncak II Mulai Perbaikan Jalan, Rampung Desember 2023

Masuk ke kabin dan duduk di jok pengemudi, desain jok dirasa cukup nyaman. Namun pengaturannya masih manual. Kemudian jok sudah pakem sebab ketinggiannya tidak bisa diatur.

Interiornya tidak dijejali tombol-tombol, digantikan layar sentuh layar lebar model tablet dengan posisi vertikal 14,6 inci yang terletak di tengah. Foto: KOMPAS.com/Claudia Interiornya tidak dijejali tombol-tombol, digantikan layar sentuh layar lebar model tablet dengan posisi vertikal 14,6 inci yang terletak di tengah.

Setirnya cukup nyaman digenggam, bentuknya tidak bulat tapi sedikit kotak dan di bagian atas tengah ada penanda warna merah sebagai "center." Namun setir tidak bisa diatur karena tidak ada opsi naik turun dan maju mundur.

Setir mobil juga memiliki beberapa tombol mulai dari audio steering switch hingga cruise control.

Pandangan mata ke depan cukup luas. Tampak pilar A juga tidak mengalangi daya pandang, kemudian bentuk panel instrumen lebar 12 inci memajang.

Tuas perpindahan gigi berada di belakang setir di sebelah kanan yang dinamakan electronic shifter. Mobil juga tidak punya rem tangan alias parking brake, jadi satu paket langsung ke posisi "P".

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Terdaftar di Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan

Tuas perpindahan gigi berada di belakang setir di sebelah kanan yang dinamakan electronic shifter.KOMPAS.com/Gilang Tuas perpindahan gigi berada di belakang setir di sebelah kanan yang dinamakan electronic shifter.

Adapun tuas di sebelah kiri untuk sein seperti mobil Eropa, serta pengaturan wiper. Namun pengoperasian wiper tidak naik-turun karena sudah untuk sein, melainkan pakai tombol kecil lagi.

Interiornya tidak dijejali tombol-tombol, digantikan layar sentuh layar lebar model tablet dengan posisi vertikal 14,6 inci yang terletak di tengah. Sebagai pusat entertaiment layar ini juga sebagai pusat pengaturan fitur-fitur di mobil.

Pada layar ini pengemudi bisa mengatur AC, mematikan mesin mobil, menyalakan dan mematikan lampu, kemudian menyeting beberapa hal seperti sistem one pedal, fitur regenerative brake dan lainnya.

Head unit tersebut bisa terintegrasi smarphone baik OS android dan iOS namun sifatnya mirroring. Pengemudi mesti mengunduh aplikasi carbitlink agar terkoneksi.

Baca juga: Daftar Tarif Bus Mewah AKAP Jakarta-Jepara, mulai Rp 230.000

Interiornya tidak dijejali tombol-tombol, digantikan layar sentuh layar lebar model tablet dengan posisi vertikal 14,6 inci yang terletak di tengah. Foto: KOMPAS.com/Claudia Interiornya tidak dijejali tombol-tombol, digantikan layar sentuh layar lebar model tablet dengan posisi vertikal 14,6 inci yang terletak di tengah.

Kemudian Neta V dibekali dengan HEPA N95 grade filter yang bisa menyaring partikel kecil. Fitur ini menjamin kualitas udara yang bagus buat pengemudi dan penumpang.

Kapasitas kabin bisa memuat lima orang dengan konfigurasi 2+3. tidak tersedia headrest. Jok belakang tersedia ISOFIX untuk memudahkan pemasangan car seat buat anak-anak.

Bagian bagasi Ncukup luas, bisa menampung barang hingga 335 liter. Luas bagasi akan bertambah jika jok belakang dilipat menjadi 552 liter.

Fitur keselamatan sudah punya ABS, EBD, BA, kontrol traksi, dan ESC. Kemudian auto vehicle hold (AVH), hill start assist control (HSC), dan hill descent control system (HDC). Namun airbag hanya ada dua di depan.

Baca juga: Komentar Pebalap MotoGP Soal Sirkuit India yang Dinilai Kurang Aman

Usai menjajal singkat Neta V di area test drive Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu, Kompas.com kini bekesempatan kencan lebih intim dengan Neta V.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Usai menjajal singkat Neta V di area test drive Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pada Agustus lalu, Kompas.com kini bekesempatan kencan lebih intim dengan Neta V.

Fitur keselamatan aktif juga tergolong minim, teknologi kesalamatan aktif seperti mobil bisa mengerem sendiri, sensor untuk informasi pindah jalur, dan lain-lain.

Kekurangan dari Neta V adalah cuma punya dua airbag untuk penumpang dan pengemudi di jok depan.

Neta V Mobil mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh. Akselerasi diklaim bisa melesat dari 0-50 kpj hanya dalam 3,9 detik namun kecepatan maksimalnya dibatasi 120 kpj.

Isi daya pakai colokan AC dengan kekuatan 6,6 kW dari kondisi kosong butuh waktu 8 jam. Pakai colokan DC untuk fast charging 100 kW kondisi dari 30 hingga 80 persen cukup 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com