Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Honda GL Max Gaya Trail Jadul, Jadi Gagah

Kompas.com - 21/09/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Modifikasi dengan gaya trail memang cukup tren belakangan ini. Tampilan motor jadi lebih gagah ditambah rasa berkendara tentu makin nyaman dengan bantingan suspensi yang travel panjang.

Salah satu motor modifikasi dengan gaya trail yang bisa dijadikan inspirasi adalah buatan Mr. Kuztom Garage. Mengambil basis Honda GL Max 1996, tampilannya berubah, mengusung tema Trail Vintage.

Momo, Punggawa Mr. Kuztom Garage di Kabupaten Bogor mengatakan, beberapa komponen di GL Max ini berubah, tapi ada yang tetap dibawa dari motor basisnya.

Baca juga: Tips Beli Honda BeAT Bekas 2020 ke Atas, Cek Sejarah Servis

Honda GL Max gaya trail vintage racikan bengkel Mr. Kuztom GarageMR. KUZTOM GARAGE Honda GL Max gaya trail vintage racikan bengkel Mr. Kuztom Garage

"Sang owner mengenang motor dari sang ayah, katanya dari baru ini motornya. Tapi kalau tampil standar kurang asik, cuma pesan dari owner, tetap ingin pakai tangki yang ori, karena nilai sejarahnya," ucap Momo kepada Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Secara tampilan keseluruhan, aura GL Max sudah diganti dengan gaya trail. Bisa dilihat dari pelek jari-jari yang lebih besar di depan dengan sepatbor gaya paruh bebek dengan warna kontras, putih.

Sedangkan keseluruhan bodinya dikelir hijau tua dengan aksen emas yang serasi. Kembali di bagian depan, ternyata suspensinya masih memakai bawaan GL Max, sedangkan dari lampu depan sampai setang sudah diganti.

Baca juga: Puluhan Tokoh Otomotif Beri Penghormatan Terakhir untuk Soebronto Laras

Honda GL Max gaya trail vintage racikan bengkel Mr. Kuztom GarageMR. KUZTOM GARAGE Honda GL Max gaya trail vintage racikan bengkel Mr. Kuztom Garage

"Headlamp aftermarket, setang Honda Win, Sepatbor depan Honda Win," kata Momo.

Kalau dari bagian samping, uniknya ada pada bentuk knalpot yang naik agak tinggi. Ternyata knalpot tersebut ambil inspirasi dari Honda XL yang memang bergaya trail jadul.

"Box aki pakai CB Twin, backrack Honda Win, jok custom, shock belakang aftermarket, lampu belakang pakai replika Honda XL," kata Momo.

Modifikasi ini bisa dibilang cukup ringan tapi ubahannya langsung terasa. Bahkan kalau cuma lihat sekilas, jadi teringat dengan Honda Win yang banyak digunakan di Indonesia. 

"Pengerjaan memakan waktu tiga bulan, biayanya kurang lebih Rp 15 juta," kata Momo.

Berikut spesifikasi Honda GL Max bergaya Trail Vintage buatan Mr. Kuztom Garage: 

Headlamp aftermarket
Setang Honda Win
Sepatbor depan Honda Win
Tangki BBM GL Max
Box aki CB Twin
Backrack Win
Jok custom
Roda set R17 (belakang)-18 (depan)
Ban Primax 300-18 (depan) dan 400-17 (belakang)
Shock depan original GL Max
Shock belakang aftermarket
Sepatbor belakang custom
Stop lamp replika Honda XL
Knalpot replika Honda XL
Spion aftermarket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com