Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Sirkuit Buddh India Mirip Buriram Thailand

Kompas.com - 21/09/2023, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek


NEW DELHI, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Internasional Buddh di Greater Noida dekat New Delhi, India, akhir pekan ini, Minggu (24/9/2023).

Michelin sebagai pemasok tunggal ban motor di MotoGP hanya membawa ban belakang berdesain asimetris dengan dinding samping kanan yang diperkuat ke India. Namun pilihan komponnya lebih beragam.

Baca juga: Drama Keterlambatan Visa Masih Berlanjut, Ini Kata Promotor GP India

Piero Taramasso, manajer roda dua di Michelin Motorsport, mengatakan, karena baru pertama kali belum ada data mengenai sirkuit dengan panjang 5,1 km tersebut.

Tim Michelin Two Wheels Motorsport bersiap untuk sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaDok. Michelin Tim Michelin Two Wheels Motorsport bersiap untuk sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

"Ini adalah situasi yang sangat menarik karena semua orang memulai dari awal dan strategi yang dipilih di awal akhir pekan akan sangat menentukan," katanya dilansir dari Speedweek, Kamis (21/9/2023).

Berdasarkan simulasi komputer, Taramasso mengatakan, sirkuit di India memiliki karakter mirip-mirip dengan Red Bull Ring di Austria dan Chang International Circuit, Buriram, Thailand.

“Tetapi jelas bahwa tes fisik akan diperlukan untuk menyempurnakan pengaturannya. Untuk pertama dan satu-satunya musim ini, kami tidak memiliki data dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Baca juga: Avanza Masih Jadi Raja LMPV Indonesia Agustus 2023

Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.AFP/JOHN THYS Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.

"Analisis yang kami lakukan menunjukkan kemiripan dengan Red Bull Ring di Austria dan Buriram di Thailand. Oleh karena itu, kami memperkirakan kondisi yang sangat menuntut untuk ban belakang dan terutama sisi kanan,” ujar dia.

Michelin juga menyediakan pilihan kompon ban yang lebih beragam. Sehingga pebalap bisa memilih kompon yang lebih beragam untuk ban depan dan belakang.

"Anda dapat memilih dari Soft, Medium dan khususnya dua varian Hard. Untuk ban belakang, seluruh spektrumnya dilapisi dengan soft, medium dan hard (mulai musim ini hanya ada dua kompon untuk ban belakang)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com