Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Bebek C70 Pakai Bahan Astrea Grand, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 21/09/2023, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren modifikasi dengan tampilan ala motor lawas masih digemari. Selain banyak diterapkan pada motor sport, ubahan ini rupanya juga bisa dicontoh para penggemar motor bebek.

Arie Seplahidiwa, pemilik bengkel modifikasi CRC di Depok, Jawa Barat, mengatakan, pihaknya menerima custom motor bebek menjadi seperti Honda C70.

“Banyak konsumen merestorasi motornya, dari C70 agak busuk, jadi bagus lagi. Dan itu semua dipretelin, dari bodi, rangka, dan mesin, full restorasi,” ujar Arie, kepada Kompas.com (19/9/2023).

Baca juga: Tokoh Otomotif Nasional Soebronto Laras Meninggal Dunia

Honda Astrea Grand Foto: Mohammad Ghalib Honda Astrea Grand

“Jadi kalau Astra Grand mau dibikin C70 juga bisa, karena dimensi mesin sama juga, enggak begitu banyak perubahan. Rangka tetap, paling yang diganti kayak sok depan, sok belakang,” kata dia.

Buat yang berminat, pengerjaan Astrea Grand custom Honda C70 memakan waktu kurang lebih sekitar tiga minggu sampai empat minggu.

“Biaya untuk restorasi atau custom C70 dari Astrea Grand kurang lebih mirip-mirip. Kisaran Rp 6 jutaan sampai Rp 9 jutaan,” kata Arie.

Baca juga: Beda Sanksi Antara Lupa Bawa dan Tidak Punya STNK

Arie juga mengatakan, spare part Honda C70 diklaim masih banyak, terutama di daerah-daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Jadi stok spare part masih melimpah, sebagian dari anak-anak Bandung masih banyak yang masih asli, jadi masih agak gampang. Itu part baru, New Old Stock (NOS),” ucap Arie.

Menurutnya, melimpahnya spare part Honda C70 di beberapa daerah disebabkan beberapa hal. Salah satunya peralihan tren penjualan motor, dari segmen bebek ke sport yang terjadi sekitar tahun 1980-an.

Baca juga: Pria Asal Kulonprogo Ini Bikin Mini Rubicon pakai Mesin Carry

Deretan Honda C70 yang dijual di gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan Honda C70 yang dijual di gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).

“Kayaknya dulu jarang yang pakai C70. Jadi stoknya pada menumpuk semua di gudang. Bisa juga karena orang jarang servis,” ujar Arie.

“Sama pas tahun 1980 ke atas orang-orang pada pakai motor ‘batangan’ semua, jarang pakai bebek lagi. Bebek pun sudah langsung naik ke Astrea Grand, bukan lagi C70,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com