Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Tokoh Otomotif Beri Penghormatan Terakhir untuk Soebronto Laras

Kompas.com - 21/09/2023, 13:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokoh besar industri otomotif Indonesia, Soebronto Laras, meninggaal dunia pada Rabu (20/9/2023) malam di RS Medistra Jakarta.

Jenazah sempat diistirahatkan di rumah duka yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat hingga Kamis (21/9/2023) siang, agar sanak kerabat, kolega, dan sahabat-sahabat terdekat almarhum bisa memberikan penghormatan terakhir.

Berdasarkan pantauan redaksi di rumah duka, nampak banyak tokoh industri otomotif dari berbagai lini yang hadir melayat.

Beberapa di antaranya yakni Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM), Rudy Salim, CEO Prestige Corp, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Daftar Tarif Bus Mewah AKAP Jakarta-Jepara, mulai Rp 230.000

 Soebronto Laras (kanan) saat peluncuran XL7 HybridSIS Soebronto Laras (kanan) saat peluncuran XL7 Hybrid

Peran Soebronto Laras dalam memajukan industri otomotif tanah air memang tidak bisa dinafikkan. Ide gagasan dan etosnya telah melahirkan banyak warisan yang kini dirasakan masyarakat.

Kiprah pertama Soebronto ialah sebagai Direktur PT. First Chemical Industry yang bergerak dalam bidang formika, alat-alat plastik, dan perakitan kalkulator. Empat tahun kemudian, dia menjadi Direktur Utama perusahaan perakitan motor dan mobil Suzuki.

Berdasarkan halaman resmi Indomobil, Bronto bergabung dengan Grup lndomobil sejak tahun 1976 sebagai Presiden Direktur (Dirut) PT lndomobil Utama yang merupakan perakit motor dan mobil Suzuki.

Pada 1984, Soebronto Laras juga sempat menjadi Dirut PT. National Motors Co. dan PT. Unicor Prima Motor.

Baca juga: BRIN Bikin Kendaraan Listrik Otonom, Siap Meluncur Akhir Tahun Ini

Mazda MR90 dijual di salah satu marketplace dengan banderol Rp 23 jutaDok. Carousell calista preloved @risna1109 Mazda MR90 dijual di salah satu marketplace dengan banderol Rp 23 juta

Sebagai informasi, PT. National Motors Co. sendiri merupakan mantan perusahaan joint venture antara Mazda Motor Corporation dan Indomobil Group. Sementara itu, PT. Unicor Prima Motor merupakan anak usaha Indomobil perakit mobil Mazda, Hino, dan sepeda motor Binter.

Perusahaan tersebut pernah melahirkan mobil legendaris Mazda MR90, yang merupakan gagasan dari Soebronto. MR sendiri merupakan singkatan dari Mobil Rakyat.

Mobil tersebut memang rencananya ingin dijadikan sebagai mobil nasional (mobnas), namun sayangnya, impian tersebut masih belum bisa diraih.

Soebronto Laras dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023) pukul 12:30 WIB, dengan didampingi keluarga dan kerabat dekatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com