Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Beli Honda BeAT Bekas 2020 ke Atas, Cek Sejarah Servis

Kompas.com - 21/09/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Honda BeAT generasi terakhir meluncur 2020 punya beberapa fitur unggulan. Lampu depan sudah diganti dengan LED, ada USB Port, serta mesin dan sasis baru.

Sebelum ramai tentang sasis ESAF, permintaan BeAT baru ini cukup tinggi, bahkan beberapa diler sampai inden. Solusi biar segera dapat unitnya adalah mengambil yang bekas.

Kalau melihat ke sentra motor bekas, BeAT 2020 ke atas harganya relatif beda tipis dengan yang baru. Kisarannya mulai Rp 14 juta sampai Rp 15 jutaan, sedangkan harga baru per September 2023 adalah Rp 18 jutaan.

Baca juga: Tips Beli Honda BeAT Fi Bekas, Cek Engine Mounting dan Kotak Sekring

Honda BeatFoto: Wahana Honda Beat

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor memberi tips bagi yang mau cari BeAT generasi terakhir di pasar motor bekas.

"Saat membeli BeAT seken, pastikan motor tersebut selalu melakukan perawatan berkala di AHASS," kata Aries kepada Kompas.com belum lama ini.

Aries menjelaskan, BeAT generasi terakhir masih dalam garansi, terutama dari mesin dan sistem injeksi. Mesin motor Honda digaransi selama tiga tahun, sedangkan sistem injeksinya lima tahun.

Baca juga: Saat Kena Razia, Apakah Boleh Mengambil STNK yang Tertinggal di Rumah?


"Pastikan juga motor tersebut belum pernah mengalami kecelakaan. Kalau sudah, maka akan berpengaruh pada kestabilan saat berkendara," kata Aries.

Sisanya, cek kondisi mesin, bisa dari lubang knalpot dan suaranya. Kalau knalpot ada bekas karbon yang melekat, basah atau kering, maka kelihatan kalau piston mesin aus, mungkin pemilik sebelumnya sering telat ganti oli.

"Kalau bermasalah, suara mesinnya kasar, bisa dari rumah roller di bagian CVT atau bagian kruk as di bagian mesin," kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com