Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cover Mobil Bisa Jadi Solusi Ketika Cuaca Panas

Kompas.com - 21/09/2023, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menggunakan cover merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan dan perlindungan bodi pada kendaraan. Sebab, bisa melindungi mobil dari paparan sinar matahari.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, ketika cuaca sedang panas cover mobil sangat diperlukan, apalagi jika sering diparkir di luar.

Baca juga: Tips Melakukan Perawatan Mobil Setelah Poles Bodi

Cover mobil CoverSuper IndonesiaDOK. CoverSuper Indonesia Cover mobil CoverSuper Indonesia

“Pemakaian cover mobil jadi penting kalau mobil sering parkir di tempat outdoor atau semi outdoor,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

“Apalagi disaat musim panas seperti saat ini, permukaan mobil yang terpapar sinar matahari mengalami panas berlebih sehingga mempercepat usia cat mobil dan komponen lain yang terkena sinar matahari,” kata Iwan.

Sebagai informasi, sinar UV yang berasal dari matahari merupakan salah satu penyebab utama pemudaran warna cat mobil. Terutama terlihat pada kendaraan yang tidak memiliki perlindungan.

Baca juga: Pelihara Mobil Mesin Diesel, Ternyata Mudah dan Minim Perawatan

sarung mobilKompas.com/Fathan Radityasani sarung mobil

Untuk memberikan perlindungan yang baik, maka pemilihan cover mobil juga tidak boleh asal, apalagi hanya mengandalkan harga murah tanpa peduli soal kualitas dan kegunaanya.

“Pilih cover mobil yang baik dan bisa melindungi dari air (waterproof) dan anti UV,” jelas Iwan.

Baca juga: Kendala Klasik Bengkel Konversi, Sulit Dapat Sertifikasi

Iwan juga menjelaskan, penggunaan cover mobil merupakan hal yang baik. Namun jangka waktu penutupan juga perlu diperhatikan agar mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal.

“Sangat tidak disarankan menutup mobil dalam jangka waktu lama. Sebab beberapa cover mobil akan lengket di body mobil dan bisa merusak cat,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com