Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Pengendara Saat Kena Operasi Zebra Jaya, Banyak yang Ngeyel

Kompas.com - 19/09/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam sikap masyarakat saat terkena razia Operasi Zebra Jaya 2023. Sebagian pengendara ada yang taat dan mengakui kesalahan, namun ada pula bersikap agresif dan tidak kooperatif.

Redaksi sempat mengikuti pelaksanaan perdana Operasi Zebra Jaya 2023 di beberapa wilayah DKI Jakarta, Senin (18/9/2023).

Berdasarkan pantauan sejak pukul 09.00 sampai 14.00 WIB, sempat dijumpai sikap tidak terpuji yang dilakukan oleh beberapa pengendara.

Mulai dari pengendara pikap yang tidak menggunakan sabuk pengaman di wilayah Tomang, saat ditegur polisi, dirinya justru mengelak dan membela diri.

Baca juga: Jaga Emisi Mobil Tetap Rendah, Perhatikan Juga Saringan Udara

Polisi menegur pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat operasi zebra jaya 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Polisi menegur pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat operasi zebra jaya 2023

“Saya cuma nganter barang doang pak, cuma sampai depan sana,” ucapnya sembari tertawa.

Setelah mendapatkan teguran lain dari polisi, barulah pengendara menurut, itupun tetap disertai alasan lain berupa sabuk pengamannya sudah kendur.

Selain itu, ada juga pengendara yang tidak hanya bersikap agresif, namun juga melempar kesalahan pada pengendara-pengendara lain yang melintas.

Situasi ini terekam di underpass Taman Cattleya, ada seorang pengendara motor yang tidak menggunakan helm.

Baca juga: Video WNA Naik Motor di Jakarta, Kaget Lihat Lalu Lintas Ibu Kota

Polisi menegur pengendara motor yang tidak menggunakan helm saat operasi zebra jaya 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Polisi menegur pengendara motor yang tidak menggunakan helm saat operasi zebra jaya 2023

Saat ditegur polisi, dirinya justru menunjuk-nunjuk pengendara lain yang juga tidak menggunakan helm, namun dibiarkan melintas.

“Itu enggak pakai helm, itu juga enggak, kok dibiarkan saja?” ujarnya memprotes anggota Korlantas Polri.

Polisi yang bertugas sempat coba menenangkan pengendara, dan menjelaskan jika ada anggota-anggota lainnya yang bertugas dan akan melakukan penindakan.

“Di sini kan yang salah kamu, yang tidak pakai helm kamu, kenapa nunjuk yang lain?” kata polisi yang balik bertanya.

Baca juga: Makna Kode Pada Pelat Nomor Kendaraan Dinas TNI

Apel pagi sebelum pelaksanaan operasi zebra jaya 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Apel pagi sebelum pelaksanaan operasi zebra jaya 2023

Kanit Turjawali Satlantas Polres Jakarta Barat, AKP Karta, mengakui jika situasi pengendara ‘ngeyel’ dan tidak mematuhi prosedur sudah sangat sering terjadi.

Kondisi ini dinilai mengkhawatirkan, sebab sikap defensif pengendara yang jelas-jelas menyalahi aturan akan menghambat angka kesadaran berlalu lintas.

“Kalau (pengendara) yang ngeyel memang masih banyak. Itu tandanya kesadaran mereka untuk tertib berlalu lintas masih kurang,” ucapnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Operasi Zebra Jaya Sempat Diundur, Ternyata Ini Alasannya

Polisi menindak pengendara motor yang tidak menggunakan helm saat operasi zebra jayaKompas.com/Daafa Alhaqqy Polisi menindak pengendara motor yang tidak menggunakan helm saat operasi zebra jaya

Untuk diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya belum memberlakukan tilang pada hari pertama Operas Zebra Jaya 2023, sebab agenda utamanya hanya untuk menyuarakan keselamatan lalu lintas, dan edukasi masyarakat.

Namun nampaknya, situasi ini akan berubah dan tilang mulai diberlakukan pada hari ke-2 atau hari ke-3 Operasi. Keputusan ini akan ditentukan berdasarkan evaluasi terbaru nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com