Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Dekat Mobil Listrik Wisata Solo

Kompas.com - 16/09/2023, 16:42 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjadi salah satu kota yang memiliki destinasi wisata yang menarik, Pemerintah Kota Solo memberikan beragam fasilitas transportasi untuk para wisatawan, salah satunya terdapat mobil listrik wisata.

Mobil listrik yang berdesain klasik ini merupakan bantuan dari Tahir Foundation yang dikelola oleh Pemerintah Kota Solo, yang bisa digunakan untuk para wisatawan berkeliling Solo.

Edo, driver Mobil Listrik Wisata mengatakan, kendaraan ini memiliki perawatan yang lengkap seperti pengecasan di Dinas Perhubungan (Dishub).

“Ya, sudah ada pengecasannya, garasinya juga ada,” ungkap Edo saat ditemui Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).

Baca juga: Jadwal dan Rute Lengkap Layanan Kendaraan Wisata Kota Solo

Mobil listrik wisata Kota SoloKOMPAS.com/ SELMA AULIA Mobil listrik wisata Kota Solo

Selain itu Edo juga mengatakan, jarak tempuh mobil listrik wisata Kota Solo ini cukup untuk mengantar para wisatawan berkeliling kota Solo sesuai rute yang dituju.

“Sekali cas bisa jalan kurang lebih 30 kilometer sampai 40 kilometer lebih, dengan waktu pengecasan tiga sampai empat jam” ungkap Edo.

Sebagai informasi, Mobil Listrik Wisata Kota Solo terdapat tiga rute yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Untuk Rute 1 berangkat dari Benteng Vastenburg, Rute 2 dari Pasar oleh-oleh Jongke, dan Rute 3 dari Dishub Kota Solo.

“Jumlah mobil listrik wisata ada 10, tapi yang digunakan untuk pelayanan enam, rata-rata setiap rute dua mobil. Jadi yang empat buat cadangan kalau ada apa-apa,” ungkap Edo.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Solo Terbaru

Mobil listrik wisata Kota SoloKOMPAS.com/ SELMA AULIA Mobil listrik wisata Kota Solo

Edo juga menjelaskan, mobil listrik wisata ini mendapat perawatan yang baik, dari mesin hingga kebersihannya.

“Kalau terjadi kerusakan berat ada mekanik yang dipanggil, tapi kalau kerusakan ringan-ringan di kantor ada. Kita juga menjaga kebersihannya dengan sering dilap dan kalau butuh ganti ban, kita ganti,” jelas Edo.

Edo juga mengatakan, mobil ini dapat menampung penumpang hingga delapan orang, tapi yang belakang tidak diprioritaskan, mengingat posisi duduknya menghadap ke belakang dan ditakutkan penumpang akan pusing.

Adapun jadwal operasional mobil listrik wisata ini, pada hari Sabtu, minggu dan hari libur nasional dengan waktu keberangkatan 09.00 WIB, 11.00 WIB dan 13.00 WIB.

Untuk tarif sebesar Rp 15.000 per orang, selain itu mobil ini juga bisa menerima sewa dengan tarif Rp 105.000 ribu per satu setengah jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com