Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Motor Listrik Subsidi, Alva Cervo Vs United TX3000

Kompas.com - 15/09/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada laman Sisapira, terdapat puluhan motor listrik yang menerima subsidi. Rentang harganya pun beragam, mulai di bawah Rp 10 juta, belasan juta rupiah, sampai yang paling mahal di Rp 42,9 juta.

Untuk motor penerima subsidi paling mahal adalah United TX3000. Selain itu ada juga Alva Cervo yang setelah subsidi harganya jadi Rp 35,75 juta.

Pada tulisan kali ini, redaksi mau membandingkan kedua motor yang harganya cukup tinggi setelah dapat subsidi. Apa yang spesial dari kedua motor tersebut?

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Subsidi yang Paling Mahal, United TX3000

Motor listrik United TX3000 saat dipakai hujan-hujanan di rute Jakarta-Bogor.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik United TX3000 saat dipakai hujan-hujanan di rute Jakarta-Bogor.

Secara desain, kedua motor menawarkan tampilan yang berbeda. TX3000 lebih ke arah skuter bongsor konvensional sedangkan untuk Cervo, gayanya seperti skuter futuristis dengan tarikan desain yang tajam-tajam.

Kalau bicara spesifikasi, TX3000 menggunakan dinamo dengan tenaga 3kW. Hasilnya, motor tersebut bisa melaju sampai kecepatan 90 Kpj. Tersedia tiga mode berkendara yang membatasi kecepatannya, 1 di 40 Kpj, 2 di 60 Kpj, dan 3 di 90 Kpj.

Selain itu, tersedia dua slot baterai dan dikombinasikan, TX3000 bisa jalan sejauh 120 Km. Tersedia pilihan cas langsung ke motor (syarat listrik 1.300 Watt) dan dilepas dari motor, satu per satu dicas.

Baca juga: White Horse Luncurkan 10 Unit Bus Baru Pakai Mesin Euro 4

Pada baterai tersebut juga disematkan sistem fast charging. United klaim dari 0-80 persen cuma butuh waktu empat jam, lumayan cepat buat ukuran baterainya juga yang besar.

Sedangkan untuk Cervo, memiliki kapasitas baterai 1,8 kWh dan punya jarak tempuh 125 Km. Alva Cervo punya kecepatan puncak yang lebih tinggi, 103 Kpj, dengan tenaga sebesar 13,3 TK dan torsi 53,5 Nm.

Tersedia juga mode berkendara Eco, Urban, dan Sport. Ada tombol boost juga yang meningkatkan performanya ketika dibutuhkan.

Kedua motor punya perbedaan di bagiang penggerak. TX3000 pakai model hub-drive, motor listrik di roda. Sedangkan Cervo, modelnya mid-drive, dinamo ada di tengah, dihubungkan dengan sabuk ke roda belakang.

Secara fitur, TX3000 punya One-Key Easy Opening atau biasa kita sebut dengan keyless. Sistem satu kunci atau remot ini bisa untuk menyalakan motor juga membuka panel baterai.

Keunikan lain yang ditawarkan dari TX3000 adalah built-in Bluetooth yang bisa dikoneksikan ke telepon genggam. Jadi selama perjalanan bisa dengar lagu karena ada speaker, yang juga bisa digunakan sebagai suara artifisial.

Baca juga: Fitur Hyundai Bluelink di Ioniq 5 Lebih Lengkap, Cek Apa Kelebihannya

Ilustrasi Alva Cervo di pameran IMHAXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Alva Cervo di pameran IMHAX

Lalu, ada juga U-Key, sistem yang menghubungkan motor dengan telepon genggam. Tersedia fitur seperti tombol SOS, menyalakan dan mematikan motor, cek posisi, dan sebagainya.

Cervo juga punya fitur koneksi dengan telepon genggam. Pemilik bisa melihat kapasitas baterai, status cas, GPS, statistik, dan asisten di jalan 24/7.

Tersedia juga bagasi yang lega, colokan USB untuk mengisi daya. Bisa dibilang dengan harga yang beda cukup jauh denga TX3000, Cervo juga sudah penuh dengan fitur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com