Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Daihatsu Soal Masalah ECU Ayla 1.000 cc

Kompas.com - 15/09/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan recall untuk generasi baru Ayla bermesin 1.000 cc yang dikemas dalam program special service campaign.

Program ini diketahui untuk melakukan pengecekan serta penyesuaian ulang pada komponen Electronic Control Unit (ECU) mesin.

Ketika dikonfirmasi, Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM menjelaskan, special service campaign dilakukan bukan untuk pergantian ECU, melainkan hanya untuk pengecekan dan seting ulang ECU.

Baca juga: Masalah ECU, Daihatsu Recall 3.383 Unit Ayla 1.000 cc

"Tidak sampai diganti (ECU), hanya perlu penyesuaian ulang saja untuk ECU Ayla yang 1.000 cc dan periode tertentu ya," ujar Agung kepada Kompas.com, Kamis (14/9/2023).

Mesin Daihatsu AylaKompas.otomotif Mesin Daihatsu Ayla

Diketahui Ayla 1.000 cc yang masuk dalam program recall peyesuaian ECU ini merupakan unit yang diproduksi dari 28 Februari hingga 23 Mei 2023. Jumlahnya mencapai 3.383 unit.

Proses pengerjaan ECU pada LCGC Daihatsu ini diklaim hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Konsumen juga tak perlu mengeluarkan biaya karena dilakukan secara gratis.

 

Lebih detail saat ditanya masalah yang terjadi pada ECU Ayla 1.000 cc, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator of After Sales Service Management Division PT ADM menjelaskan, penyesuaian ulang ECU Ayla 1.0L dilakukan untuk mengoptimalkan performanya.

Baca juga: Membandingkan Kenyamanan Interior BR-V dan Stargazer X

"Lebih pengoptimalan saja. Jadi ECU pada Ayla yang terdampak harus disesuaikan ulang agar optimal, tidak ada masalah lain dan tidak sampai diganti baru," kata Bambang.

Test drvie All New Daihatsu Ayla di YogyakartaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test drvie All New Daihatsu Ayla di Yogyakarta

Seperti dijelaskan sebelumnya, konsumen juga bisa melakukan pengecekan mandiri untuk mengetahui apakah unitnya masuk dalam program atau tidak.

Caranya dengan mengunjungi situs resmi dan memasukkan nomor rangka kendaraan. Alternatif lain bisa dengan menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com