Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berstatus Street Circuit, Sirkuit Mandalika Belum buat Jalan Umum

Kompas.com - 14/09/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya atau street circuit. Sirkuit jalan raya artinya lintasannya merupakan jalan raya yang bisa digunakan untuk umum saat tidak dipakai balap.

Namun, sejak rampung dan menyelenggarakan WorldSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika tertutup untuk umum. Sirkuit yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika itu belum pernah dipakai untuk jalan raya.

Baca juga: Video Viral, Beragam Mobil Tabrak Pembatas Jalan di MT Haryono

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, pengelola Sirkuit Mandalika, mengatakan, pihaknya sampai saat ini tidak membuka sirkuit untuk jalan umum karena dirasa belum perlu.

Direktur MGPA Priandhi SatriaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Direktur MGPA Priandhi Satria

"Ini sebetulnya hanya pandangan mata dan terminologi, sirkuit ini di desain sebagai street circuit, mengapa karena sirkuit ini dibangun di tengah kawasan The Mandalika, yang nantinya akan seperti Nusa Dua," kata Priandhi kepada Kompas.com belum lama ini.

"Di mana kalau tidak ada kegiatan bisa menjadi jalan potong dari barat ke timur dari utara bisa masuk kalau misalkan di tengah sirkuit sudah ada hotel dan kiri-kanannya ada area komersial," ujarnya.

Priandhi mengatakan, sebagai sirkuit jalan raya Sirkuit Mandalika punya beberapa pintu yang jika dibuka bisa digunakan masyarakat untuk jalan tembus.

Baca juga: Mesin Motor Mati Total Masih Bisa Dikonversi Jadi Listrik, Ini Syaratnya

Sirkuit Mandalika, salah satu spot yang berada di KEK Mandalika.Shutterstock Sirkuit Mandalika, salah satu spot yang berada di KEK Mandalika.

"Jadi memang jalannya ada pintunya saja ada tinggal dibuka. Jadi kalau anda datang dari timur kemudian ketemu sirkuit sebetulnya dari barat ada pintunya jadi orang bisa memotong ke sana," ujar Priandhi.

"Namun, saat ini area development-nya sebelum sepadat itu kami merasa belum perlu membuka pintu itu untuk dilewati masyarakat karena malah nantinya merusak sirkuit, kan sayang," kata Priandhi.

"Di depannya pun jalan rayanya belum padat, dan nanti jika di kiri-kanan sudah ada area komersial nanti kami buka. Bisa jadi jalan potong lewat tengah sirkuit," ucapnya.

Baca juga: Baru 100 Unit, ESDM Jelaskan Kendala Program Konversi Motor Listrik

Para wisatawan Berfoto di ikon sirkuit MandalikaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Para wisatawan Berfoto di ikon sirkuit Mandalika

Saat ini selain Sirkuit Mandalika, tercatat ada beberapa sirkuit balap jalan raya. Pertama ialah Sirkuit Monaco, yang menggunakan jalanan kota Monte Carlo dan La Condamine di sekitar pelabuhan Monaco.

Sirkuit Monaco merupakan lintasan balap mobil yang menggunakan jalanan kota Monte Carlo dan La Condamine di sekitar pelabuhan Monaco. Sirkuit ini termasuk di antara trek yang paling berbahaya di ajang Formula 1.

Kemudian ada sirkuit jalan raya Marina Bay yang terletak di jalan raya kota Singapura. Sirkuit ini memiliki panjang 5,067 km dan 24 tikungan. Sirkuit digunakan untuk balap Formula 1 mulai tahun 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com