Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Ganti Kaki-kaki Toyota Agya, Tembus Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 11/09/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Agya lawas banyak dicari masyarakat lantaran harganya lebih terjangkau daripada mobil lainnya dengan tahun sama.

Pertama kali meluncur di Indonesia September 2013, Agya pakai logo garuda di grille depan, bukan logo Toyota yang menandakan ini adalah mobil murah program pemerintah untuk menaikkan daya beli masyarakat atau LCGC.

Usianya yang sudah memasuki 10 tahun, membuat Agya generasi pertama mungkin saja memerlukan peremajaan pada sektor suspensinya agar tetap nyaman saat dikendarai.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Rp 90 Jutaan, dari Agya sampai Camry

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan biaya perbaikan kaki-kaki pada Agya lawas cukup beragam tergantung langkah yang diambil oleh konsumen.

“Adakalanya konsumen tidak mengganti komponen, namun hanya melakukan perbaikan untuk menekan biaya, biasanya ini dilakukan oleh oknum pedagang mobil bekas, tapi bila pengguna pribadi kami sarankan untuk menggantinya dengan komponen baru,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu (9/9/2023).

Muchlis mengatakan jika komponen kaki-kaki hanya diperbaiki tanpa diganti memang membutuhkan biaya lebih kecil, tapi kualitas dan keawetannya kurang optimal.

Baca juga: Paket Khusus Servis buat Pengguna Toyota Agya dan Calya

Pria yang membuka lapak di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini menegaskan untuk perbaikan dengan hasil maksimal maka kaki-kaki Agya perlu diremajakan.

“Biaya perbaikannya tentu beragam karena ada banyak rangkaian komponen untuk kaki-kakinya, tergantung kerusakan dan kualitas part yang digunakan,” ucap Muchlis.

Dengan demikian konsumen bisa memilih sesuai dana yang tersedia. Hanya saja perlu dipahami bahwa kualitas orisinal tentu lebih baik.

Baca juga: Perbandingan Biaya Perawatan Honda Brio RS dengan Toyota Agya GR Sport

“Banderol peredam kejut Agya cukup terjangkau, hanya butuh modal Rp 1 jutaan dapat onderdil orisinal sepasang, ditambah biaya pemasangannya yang juga lebih terjangkau,” ucap Muchlis.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini rincian biaya ganti kaki-kaki Toyota Agya:

1. Shock absorber depan orisinal Rp 1 jutaan sepasang
2. Shock absorber belakang orisinal Rp 550.000 sepasang
3. Tie rod Rp 200.000
4. Rackend Rp 225.000
5. Link stabilizer Rp 180.000
6. Bushing stabilizer Rp 430.000
7. Bushing lower arm Rp 200.000
8. Bearing roda Rp 250.000

Apabila ditotal maka estimasi ganti kaki-kaki Agya sekitar Rp 3 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com