Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosedur Cek Rangka eSAF di Bengkel AHASS, Motor Dibongkar Total

Kompas.com - 06/09/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Layanan pemeriksaan rangka eSAF dari AHM sudah diberlakukan. Kini, konsumen pengguna motor Honda bisa mendatangi bengkel resmi AHASS untuk melakukan pengecekan.

Ada dua kategori biaya yang diterapkan, untuk motor Honda berusia kurang dari 1 tahun dan/atau jarak tempuh di bawah 10.000 kilometer, dibebaskan dari biaya alias gratis, karena masih dalam masa garansi.

Sedangkan untuk motor Honda yang berusia di atas 1 tahun, dikenakan biaya sebesar Rp 60.000. Walau berbeda, kedua kategori ini sudah mencangkup pemeriksaan total.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang, membagikan rincian prosedur yang dilakukan saat pengecekan rangka.

Baca juga: Mitos atau Fakta, AC Mobil Diesel Lebih Dingin Ketimbang Mobil Bensin

Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASSKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASS

Totalnya, ada empat tahapan yang dilakukan, yakni pembongkaran bodi, pengecekan rangka luar-dalam, dan pembersihan rangka.

“Waktu kami bongkar, sekaligus kami jelaskan juga rinciannya kepada konsumen, biar sama-sama paham,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Sejak layanan dibuka pada awal September 2023, Anto mengaku sudah menangani sebanyak empat konsumen yang meminta pemeriksaan eSAF total. Semuanya diindikasikan aman tanpa karat atau keropos.

“Ada banyak pelanggan lain juga yang tanya, semacam konsultasi. Saya dan kawan-kawan mekanik juga bantu menjelaskan. Buat yang minta bongkar, sudah ada 4 orang,” ucapnya.

Baca juga: Gresini Racing Bersyukur Pebalapnya Bisa Kembali Balapan di Catalunya

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

Anto menjelaskan, sesuai SOP terbaru, motor dengan rangka eSAF yang terindikasi mengalami kerusakan akan menerima penanganan langsung.

Jika masih dalam masa garansi, alias berusia kurang dari satu tahun atau jarak tempuhnya di bawah 10.000 kilometer, rangka yang rusak akan langsung diganti baru sesegera mungkin.

“Nantinya bengkel yang menangani akan membuat laporan langsung ke AHM, dan diurus soal penggantian rangka baru,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com