Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Layanan Cek eSAF, Bengkel AHASS Ramai Didatangi Konsumen

Kompas.com - 06/09/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menjawab persoalan rangka eSAF yang tengah dikeluhkan masyarakat, PT Astra Honda Motor (AHM) mulai membuka layanan pemeriksaan bagi para konsumen.

Layanan ini sudah tersedia di bengkel-bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di seluruh Indonesia, dan diharapkan mampu menjawab keluhan-keluhan konsumen.

Salah satu bengkel servis resmi, yakni AHASS 88 yang berlokasi di wilayah Kabupaten Tangerang, sudah menerapkan layanan ini sejak awal bulan September.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88, mengakui jika ada peningkatan pelanggan yang berkonsultasi, dan meminta layanan pemeriksaan eSAF untuk motornya.

Baca juga: Ini yang Terjadi Kalau Aktifkan Rem Parkir Elektronik Saat Mobil Jalan

Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASSKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASS

“Banyak sekali yang bertanya, jadi kami bantu edukasi juga perihal rangka eSAF. Ini membantu juga supaya konsumen tidak khawatir,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

DIa menjelaskan, prosedur pemeriksaan juga dilakukan secara menyeluruh dengan cara membongkar bodi dan menelusuri komponen rangka secara langsung.

Berdasarkan rekap data, bengkelnya sudah menerima sebanyak 4 pelanggan yang memohon pemeriksaan eSAF, terdiri dari 1 motor lansiran 2023, dan 3 motor lansiran 2020. Keempatnya dipastikan aman tanpa kerusakan apapun.

“Karena ini bentuk pelayanan, pasti akan kami bongkar dan periksa jika memang konsumen meminta, sekaligus kami jelaskan jugabagian-bagiannya (rangka eSAF),” kata Anto.

Baca juga: Petugas Damkar Juga Harus Jago Bawa Truk Pemadam Kebakaran

Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASSDok. DAM Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASS

Terkait biaya, Anto menjelaskan jika pihak AHM sudah menetapkan jika motor yang masih garansi, alias berusia 1 tahun atau dengan jarak tempuh kurang dari 10.000 kilometer, dibebaskan dari biaya alias gratis.

Sedangkan untuk motor yang sudah lewat batas garansinya, biaya yang dipatok untuk cek eSAF adalah sebesar Rp 60.000.

Untuk diketahui, selain layanan pemeriksaan langsung di bengkel resmi, AHM juga menerapkan layanan aduan 24 jam melalui contact center.

 

Rangka motor Honda Beat 2020 sudah menggunakan tipe eSAFTangkapan layar Rangka motor Honda Beat 2020 sudah menggunakan tipe eSAF

Octavianus Dwi Putro, Direktur Marketing AHM menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk membantu sekaligus menjawab kekhawatiran konsumen pengguna honda.

"Kami menyediakan layanan 24 jam melalui contact center Honda 1-500-989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia. Jaringan bengkel resmi AHASS juga akan membantu seluruh kebutuhan perawatan maupun perbaikan motor Honda melalui teknisi yang tersertifikasi," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com