Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Apache RR 310 Resmi Meluncur, Harga mulai Rp 44 Jutaan

Kompas.com - 07/09/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor hasil kolaborasi BMW Motorrad dengan TVS kembali lahir. Kini diberi nama TVS Apache RTR 310, bergaya naked street fighter kental aura sporty serta futuristis.

Dikutip dari Rushlane, Apache RTR 310 jadi motor kedua setelah RR 310 (sport fairing) yang memakai basis mesin 310. Berbeda dengan saudara dari Eropanya yakni BMW G 310 R, Apache RTR 310 ini tampil lebih agresif.

Soal harga, Apache RTR 310 mulai 242.990 Rupee atau setara Rp 44 jutaan. Harga terus naik kalau ambil model dengan quickshifter (257.990 Rupee) dan khusus warna Fury Yellow harganya jadi 263.990 Rupee (Rp 48 jutaan).

Baca juga: Motor Listrik TVS X Resmi Meluncur, Banderol Rp 46 Jutaan

TVS Apache RTR 310RUSHLANE TVS Apache RTR 310

Bicara soal desain, TVS membuatnya sendiri dan hasilnya cukup ganteng buat motor sekelasnya. Bagian depannya tampak radikal daripada motor TVS kebanyakan, seperti membawa aura motor listrik TVS X yang baru meluncur.

Pada bagian tangki, bentuknya lebih tajam, sehingga menawarkan tampilan yang sporty. Begitu juga pada bagian shrouds atau bahu yang menampilkan bentuk layaknya otot di tubuh, makin garang.

Soal tampilan lagi, biar makin canggih dipasang lampu LED kembar di depan serta DRL di bawahnya. Lalu di depan juga dipasang suspensi USD yang besar, makin gagah saja dilihat.

Baca juga: Diminati karena Murah, Ketahui Penyakit Umum Datsun Go dan Go+


Untuk setang, pakai model clip-on biar posisi berkendara semakin sporty, apalagi posisi dudukan kaki agak mundur. Pada bagian lampu belakang juga sudah LED dengan sein dipasang di tyre hugger.

Bicara performa, Apache RTR 310 memakai mesin 312,2cc satu silinder dengan pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan 35,6 PS atau setara 35 TK di 9.700 RPM dan torsi 28,7 Nm di 6.650 RPM.

Ada empat riding mode, Urban, Rain, Sport, dan Track yang bisa dipilih pengendara. Kemudian fitur seperti slipper clutch dan ride by wire juga disematkan.

TVS Apache RTR 310RUSHLANE TVS Apache RTR 310

Pada bagian cluster, memakai model layar kotak berukuran 5 inci dan sudah TFT. Lalu, disematkan pula sistem SmartXonnect yang menawarkan konektivitas motor dengan telepon pintar.

Fitur lainnya yang ada di Apache RTR 310 adalah cruise control, ventilated sear, quickshifter, TPMS. Kemudian ada enam sensor yang mengaktifkan corner cruise control, wheelie control, cornering traction control, corner ABS, dan masih banyak lagi.

Mari kita tunggu kedatangan motor ini di tanah air. Bakal jadi persaingan yang sengit antara Apache RTR 310 dengan KTM Duke 390.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com