Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rumion Kembaran Suzuki Ertiga Meluncur, Harga Rp 180 Jutaan

Kompas.com - 06/09/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Toyota belum lama ini meluncurkan Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya bernama All New Toyota Rumion. Mobil yang merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Maruti Suzuki yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga.

Sebelumnya, Rumion hanya dijual di Afrika Selatan. Namun, produk kembaran Ertiga itu kini resmi dijual di negara yang memproduksinya sejak awal, yakni India.

“Di Toyota, kami percaya untuk lebih dari sekadar menghadirkan kendaraan kelas dunia. Budaya kami yang mengakar adalah menawarkan produk dan layanan yang menciptakan nilai luar biasa dan memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan setia kami,” ucap Masakazu Yoshimura, Managing Director and Chief Executive Officer Toyota Kirloskar Motor (TKM), dikutip dari keterangan resmi Toyota, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Korsleting Jadi Penyebab Utama Kebakaran Kendaraan

“All New Toyota Rumion menganut etos ini dan kami berharap dapat menawarkan komitmen Toyota terhadap kualitas dan layanan kepada seluruh pelanggan baru melalui pengalaman kepemilikan yang menyenangkan sehingga memberikan “kebahagiaan bagi semua,” lanjutnya.

Toyota Rumiontoyotabharat.com Toyota Rumion

Secara tampilan, Toyota Rumion memiliki dimensi yang sama seperti Suzuki Ertiga. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan desain, seperti pada fascia, grill dan bumper Toyota Rumion berbeda dari saudara kembarnya.

Toyota Rumion menggunakan gril yang mirip dengan Toyota Innova dengan desain bumper depan finishing chrome yang terlihat lebih atraktif. Desain pelek Rumion juga terlihat berbeda dari Ertiga, di mana MPV Toyota itu mengusung bentuk kipas.

Di bagian interior, tampilan dasbor Rumion tak berbeda jauh dengan Ertiga. Namun, nuansa warnanya sedikit berbeda. Kabin Rumion didominasi dengan warna beige dengan sedikit aksen wood panel di bagian dasbor.

Mobil ini juga sudah dilengkapi head unit berukuran 17,78 inci yang sudah terintegrasi dengan Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay.

Toyota Rumiontoyotabharat.com Toyota Rumion

Menyoal jantung pacu, mobil keluarga tujuh penumpang dari Toyota ini menggunakan mesin 1.462 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 102 Tk pada 6000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada 4400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui dua pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Toyota Rumion juga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang luar biasa yakni tembus 20,51 kilometer per liter.

Baca juga: Ini yang Terjadi Kalau Aktifkan Rem Parkir Elektronik Saat Mobil Jalan

Soal fitur keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS dengan EBD dan Brake Assist, Engine Immobilizer, ESP dan Hill Hold.

Toyota Rumion sudah resmi dijual di diler-diler India, dibanderol mulai 1.029 Rupee atau sekitar Rp 189 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com