Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Yadea E8S Pro dalam 1 Tahun Pemakaian

Kompas.com - 31/08/2023, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika akan membeli sepeda motor adalah biaya kepemilikan. Lebih tepatnya ongkos yang harus ditanggung selama memiliki kendaraan tersebut.

Sebagai motor listrik, Yadea E8S Pro menawarkan biaya kepemilikan yang sangat bersahabat dibandingkan motor konvensional.

Diawali dengan biaya konsumsi daya listrik, berdasarkan pengalaman redaksi Kompas.com, untuk menempuh jarak 64 Km, baterai yang tadinya penuh (5 bar) masih menyisakan bisa 2 bar.

Baca juga: Jelang Penindakan Tilang, 35.401 Unit Mobil dan Motor Sudah Uji Emisi

Test ride Yadea E8S ProKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Yadea E8S Pro

Dengan spek baterai 72V38Ah atau sekitar 2,736 kWh, dan tarif listrik rumah berdaya 2.200 VA, serta biaya yang dipatok Rp 1.444 per kWh, maka ongkos isi baterai sampai penuh hanya butuh Rp 3.950.

Andai motor dipakai setiap hari selama 365 hari, dengan jarak tempuh kurang lebih 50 Km per hari, maka biaya listrik per tahun yang harus disiapkan sekitar Rp 1.441.750.

Sementara itu, untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Yadea E8S Pro setiap tahunnya kabarnya sekitar Rp 116.000.

Baca juga: Suzuki Luncurkan Lets 110, Skutik Baru dengan Model Ringkas

Kemudian, E8S Pro juga minim perawatan karena tidak seperti motor konvensional, motor listrik tidak memerlukan servis berkala.

Meski begitu, Yadea menyediakan spare part slow moving bagi E8S Pro. Penggantian komponen slow moving tidak berdasarkan waktu atau jarak, tapi hanya ketika sudah rusak, salah satunya baterai.

“Harga baterainya kalau di tipe motor listrik Rp 980.000 per satu item baterai. Kan totalnya ada 6 baterai. Jadi, Rp 980.000 x 6, kurang lebih Rp 5,8 juta,” ujar Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik yang Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Motor listrik Yadea E8S ProKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Yadea E8S Pro

“Kelebihannya baterai jenis ini (graphene) bukan gelondongan seperti motor listrik lain yang menggunakan lithium. Kalau ada kerusakan, bisa dipilah, bisa dicek mana yang bermasalah baterainya,” kata dia.

Sementara buat kampas rem dan ban, Yadea belum merilis harga di diler resmi. Namun dari penuturan Samadin, untuk E8S Pro harga kampas rem cakram belakang Rp 70.000, adapun buat rem depan kurang lebih sama.

Artinya, pengeluaran wajib pemilik motor listrik ini praktis hanya biaya listrik dan pajak kendaraan bermotor, yakni sebesar Rp 1.557.750 per tahun.

Sedangkan bila dibagi 12 bulan, maka biaya kepemilikan Yadea E8S Pro menjadi Rp 129.812 dalam satu bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com