Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Hyundai Upgrade Rem Belakang Stargazer X Pakai Cakram

Kompas.com - 30/08/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Hyundai resmi melansir Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023. Mobil ini merupakan pengembangan dari Stargazer model MPV yang kemudian masuk ke segmen baru Low Sport Utility Vehicle alias LSUV.

Ada beberapa perbedaan antara Stargazer dengan Stargazer X. Selain penambahan kosmetik untuk memberikan kesan lebih tangguh, perubahan juga terjadi di bagian kaki-kaki yaitu menggunakan cakram belakang.

Baca juga: Jangan Abaikan Perawatan Ini pada Mobil Transmisi Manual

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Hyundai Stargazer X

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, alasan penggunaan rem cakram belakang ialah untuk melepas panas lebih cepat. Rem cakram juga "lebih gigit" ketimbang teromol biasa.

“Kalau penggunaan rem cakram dia punya kemampuan melepas panas lebih baik. Rem itu ya ketika bekerja menjepit piringan cakram secara intens dia akan menghasilkan panas, apalagi ketika ditahan," kata Bonar di Solo, Selasa (29/8/2023).

“Dengan pemakaian piringan cakram, panas yang dihasilkan dari proses tersebut bisa lebih cepat terbuang. Sementara musuh dari kemampuan pengereman yang baik adalah panas berlebih atau terlalu tinggi," kata Bonar.

Baca juga: Ajang Balap Kendaraan Tanpa Mesin Kembali Digelar di Bandung

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Gilang Hyundai Stargazer X

Alasan lain penggunaan cakram belakang yaitu untuk meningkatkan mutu produk bersaing dengan rival sekelasnya. Bonar juga mengatakan, cakram diperlukan sebab berkaitan dengan fitur electronic parking brake (EPB).

“Selain faktor diferensiasi produk dengan kompetitor dan aspek kosmetika tampilan, fungsi lainnya dari penggunaan rem cakram belakang adalah seperti itu. Sedikit meningkatkan peforma pengereman dari Stargazer, terutama fitur keselamatan seperti electronic brake distribution (EBD)," katanya.

“Selain itu untuk bisa mengaplikasikan teknologi electronic parking brake (EPB) itu harus menggunakan cakram. Itu sepemahan saya," ujar Bonar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com