Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cuci Hyundai Stargazer X Warna Doff Pakai Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 30/08/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Hyundai menyematkan pilihan warna baru doff alias matte di Hyundai Stargazer X. Selain lebih modern, warna matte memang sedang populer dan banyak dipakai merek otomotif untuk menarik konsumen.

Namun, tertanam persepsi di masyarakat bahwa cat matte lebih sulit dirawat ketimbang cat biasa alias warna glossy. Jika abai dalam perawatan maka justru membuat tampilan mobil jadi kusam.

Baca juga: Jangan Abaikan Perawatan Ini pada Mobil Transmisi Manual

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, perawatan khusus sebetulnya tidak ada sama seperti pilihan cat mobil lain. Hanya saja perlu diperhatikan pemilihan sabun untuk mencuci.

Hyundai menyematkan warna doff alias matte di Hyundai Stargazer X. Selain lebih modern, warna matte memang sedang populer dan banyak dipakai merek otomotif untuk menarik konsumen.KOMPAS.com/Gilang Hyundai menyematkan warna doff alias matte di Hyundai Stargazer X. Selain lebih modern, warna matte memang sedang populer dan banyak dipakai merek otomotif untuk menarik konsumen.

“Kalau perawatan khusus sih sebenarnya mungkin lebih kepada jangan menggunakan sabun dengan kandungan pH yang tinggi. Karena sabun dengan kandungan pH yang tinggi itu asamnya tinggi," kata Bonar di Solo, Selasa (29/8/2023).

“Kalau asamnya tinggi itu sifatnya abrasif, yang mana membuat cat doff itu lama kelamaan malah jadi mengkilap atau glossy, ya. Pakai sabun khusus yang memang buat cuci mobil aja (pH netral)," ungkap Bonar.

Bonar mengatakan, tak sedikit pemilik menggunakan sabun cuci piring untuk cuci mobil yang sebetulnya kurang baik untuk cat mobil apalagi untuk cat matte.

“Jangan pakai sabun lainnya, kayak pakai sabun cuci piring atau semacamnya. Warna matte atau doff itu memang istilahnya butuh effort lebih agar karakteristik warnanya tetap tampak dan terjaga," kata Bonar.

Baca juga: Jatah Ban Tes Dikurangi, Pedrosa Ikut Wildcard di MotoGP Misano

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Hyundai Stargazer X

Bonar mengatakan, soal persepsi merawat cat matte lebih sulit dari cat biasa balik lagi pada pemahaman pemilik mobil.

“Kalau menurut hemat saya, orang-orang atau konsumen yang beli mobil dengan warna seperti itu (doff) biasanya sudah memahami cara merawatnya. Bisa karena mereka enthusiast dan selalu memperhatikan eksterior mobilnya,

“Kita sebenarnya sudah punya materi cara-cara merawat warna seperti itu atau di buku manual juga sudah ada," ungkap Bonar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com