Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jaga Harga Mobil Bisa Tinggi Saat Dijual Lagi, Ganti Pelapis Jok

Kompas.com - 27/08/2023, 15:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bisa mempercantik tampilan kabin, ternyata mengganti bahan jok juga bisa membuat harga mobil tetap stabil dan tidak terlalu jatuh saat hendak dijual kembali.

Hal ini adalah trik umum yang belum banyak diketahui orang, dan manfaatnya juga cukup terasa. Biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti bahan jok juga terbilang cukup rendah.

Muhammad Muhlas, pemilik bengkel spesialis jok mobil Surya Kencana Motor Bitung menjelaskan, banyak pelanggannya yang menerapkan tips ini.

Tujuannya dua, yakni supaya mobil tampak lebih keren, dan bahan jok asli bawaan pabrik bisa disimpan dalam kondisi baik.

Baca juga: Hindari 3 Perilaku Ini Supaya Aki Motor Panjang Umur

Jok mobil model sarung, bermanfaat untuk menjaga nilai jual kembali mobilKOMPAS.com/daafa Jok mobil model sarung, bermanfaat untuk menjaga nilai jual kembali mobil

“Jok asli bawaan pabrik biasanya bahan kain (fabric), itu disimpan sama konsumen kemudian diganti bahan lain seperti kulit sintetis. Nanti semisal mobil mau dijual, barulah bahan aslinya dipasang lagi,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Untuk biaya penggantian bahan jok sendiri, Muhlas mematok harga mulai dari Rp 750.000 untuk model sarung dengan bahan kulit sintetis.

Menurut Muhlas, langkah ini dinilai sangat efektif untuk menjaga nilai jual mobil. Karena jok bahan kain dinilai lebih mudah kotor dan bisa menyimpan noda.

Hal ini juga diakui oleh beberapa pelanggan tetapnya seperti Suwandi, Karyawan Swasta asal Serang.

Dia membawa langsung Honda Brio RS lansiran 2023 miliknya ke bengkel Muhlas untuk mengganti material jok, selang beberapa hari setelah dia membeli city car itu.

Baca juga: Mau Pelihara Grand Livina Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

MPV Listrik premium Maxus Mifa 9 meluncur di GIIAS 2023, harga Rp 1,4 miliar Kompas.com/Daafa Alhaqqy MPV Listrik premium Maxus Mifa 9 meluncur di GIIAS 2023, harga Rp 1,4 miliar

“Cepet-cepet ganti (bahan jok) supaya yang asli bisa disimpan. Jadinya kalau tahun-tahun besok mau saya jual (mobilnya), tinggal dipasang ulang,” ujarnya.

Pria yang mengaku sering gonta-ganti mobil itu juga mengatakan, mengganti bahan jok mobil merupakan satu langkah efektif untuk menjaga nilai jual mobil supaya tidak terlalu jatuh.

Hal itu juga dibenarkan oleh Fatur Robani, inspektor sekaligus tenaga penjual salah satu diler mobil bekas di Sentra Mobkas Panongan. Menurutnya, trik menukar bahan jok saat mobil hendak dijual kembali memang bermanfaat.

Baca juga: Ini PO Bus Pertama di Sulawesi yang Punya Fasilitas Toilet

Kabin mobil kijang kapsul, material jok diganti supaya lebih nyamanKompas.com/Daafa Alhaqqy Kabin mobil kijang kapsul, material jok diganti supaya lebih nyaman

“Jadi kesannya, pengguna mobil sebelumnya terlihat rapih dan enggak jorok, soalnya bahan jok masih mulus dan bersih. Konsumen kalau nyari mobil bekas, yang dilihat pertama pasti interior kabin,” ucap dia.

Dia menambahkan, mobil dengan jok bawaan yang masih bagus tidak hanya sangat mudah dijual, harganya juga terbilang cukup stabil.

“Contohnya pernah ada dua unit Mitsubishi Xpander 2017, satu sudah diganti jok terus dipasang ulang, satunya belum. Jarak tempuhnya enggak beda jauh, tapi harganya selisih 15 juta karena faktor kabin,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com