Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini PO Bus Pertama di Sulawesi yang Punya Fasilitas Toilet

Kompas.com - 27/08/2023, 07:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP Sulawesi dikenal dengan layanan yang tidak dilengkapi dengan fasilitas toilet. Namun PO Raja Trans Palu justru membuat gebrakan dengan meluncurkan dua unit bus baru yang memiliki toilet.

Bus anyar milik PO asal Kota Palu, Sulawesi Tengah tersebut resmi meluncur dari garasi Karoseri Laksana.

Kabin bus dirancang unik dengan dua kelas yang berbeda yakni bisni dan ekonomi. Bagian depan kelas bisnis 2-1 dengan jumlah sembilan unit model legrest jumbo.

Sementara itu bagian belakang merupakan kursi kelas ekonomi dengan konfigurasi 2-2. Pada area paling belakang adalah smoking area dan toilet.

Baca juga: Suzuki Burgman 125 Meluncur di Malaysia, Harga di Bawah Rp 30 Jutaan

Seperti bus keluaran terbaru yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan, bagian kabin bus terdapat sekat pemisah untuk ruang penumpang dan kru bus.

Sekat tersebut dibuat menjadi jendela dan pintu kaca sehingga penumpang masih bisa melihat jelas pemandangan depan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)


Keduanya menggunakan bodi Legacy SR3 XHD Prime Ultimate dengan kelir yang berbeda yakni cokelat dan biru. Sementara itu, bus ditopang oleh sasis dari Hino RM 280 yang telah berstandar Euro 4.

Karena edisi Ultimate, maka bagian fasia depan atau di bawah kaca bus terdapat garis lampu LED menyerupai mobil penumpang keluaran terbaru. Pada kaca belakang bus tampil lebih futuristik berhiaskan lampu sekuensial animasi yang tidak ada di edisi series Legacy lainnya.

Baca juga: Bos Ducati Tanggapi Isu Bursa Transfer Marc Marquez ke Pramac

Adapun, bagian wajah bus tampil dengan model double glass dengan bando yang terdapat sedikit aksen corak kotak-kotak atau catur dan senada dengan kaca spion. 

Selanjutnya,  untuk bagian bagasi dari bus mampu membuat banyak muatan karena tembus dari sisi kanan dan kiri. Selain itu, bagasi juga dibuat lebih tinggi 5 cm sehingga motor tidak perlu copot spion saat dimasukan ke bagasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com