Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Bakal Jadi Negara Pertama di Luar RI yang Dapat XForce

Kompas.com - 25/08/2023, 12:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memiliki rencana besar terhadap produk SUV ringkas 5-penumpang terbarunya, XForce.

Selain bakal langsung diproduksi secara lokal di fasilitas Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, kendaraan yang dirancang secara khusus untuk Tanah Air ini juga akan dipasarkan ke mancanegara.

Aktivitas tersebut, diungkapkan Director of Sales and Marketing Division MMKSI Tetsuhiro Tsuchida, bakal dimulai pada awal tahun depan ke beberapa negara tujuan. Salah satu negara pertama yang bakal menerima XForce rakitan Indonesia ialah Vietnam.

Baca juga: XForce Resmi Meluncur di Surabaya, Harga mulai Rp 382 Juta

XForce Resmi Meluncur di Surabaya, Harga Mulai Rp 382 JutaKOMPAS.com/RULY XForce Resmi Meluncur di Surabaya, Harga Mulai Rp 382 Juta

"Terus terang untuk distribusi ekspor MMKSI tidak bisa mengomentari. Tetapi yang saya tahu, ketika global launch di GIIAS 2023 kemarin, wartawan Vietnam sudah hadir. Artinya ada rencana ekspor ke sana," kata dia di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/8/2023).

"Yah, itu mungkin negara pertama yang akan diekspor. Mungkin akan dimulai pada tahun depan. Negara-negara lain di ASEAN akan segera menyusul," lanjut Tetsuhiro.

Kendati tidak menyebutkan lebih jauh negara lain di kawasan ASEAN yang bakal menjadi sasaran ekspor XForce ini, tetapi besar kemungkinan ialah Thailand dan Malaysia. Sebab, kedua negara tersebut juga menjadi pasar penting Mitsubishi di Asia Tenggara.

Baca juga: Selain Rangka, Ini Komponen Motor yang Juga Rawan Karat

Selain ASEAN, XForce juga dijadwalkan untuk dipasarkan ke Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika. Secara keseluruhan, mobil ini akan meneruskan Xpander yang hingga ke-13 negara.

Sebelumnya, President Director MMKI Minoru Saito juga sempat menyatakan hal serupa. Di mana XForce rakitan Indonesia bakal dipasarkan ke ASEAN, Asia Selatan, sampai ke Amerika Latin.

Kegiatan pengkapalan ke luar negeri baru akan dilakukan setelah mobil sudah memenuhi permintaan pasar yang sudah dibuka pada Agustus 2023 ini. Rencananya, pengiriman ke konsumen dijadwalkan mulai November 2023.

Baca juga: Banyak Motor Lawan Arus, Polisi Siagakan ETLE Mobile

Mitsubishi XForce di GIIAS 2023MMKSI Mitsubishi XForce di GIIAS 2023

“Kami tidak dapat memberikan informasi detail pada saat ini,” kata Minoru.

Pihak Mitsubishi sendiri, meyakini Xforce bisa menjadi pesaing kuat di segmen compact SUV karena telah dikembangkan khusus untuk digunakan di pasar ASEAN.

Salah satu keunggulan pada mobil ialah hadirnya beberapa mode berkendara, seperti normal, wet, dan gravel. Wet mode sendiri baru pertama kali diaplikasikan pada XForce oleh Mitsubishi.

Fitur lain yang patut dicatat adalah penggunaan sistem audio dari Yamaha, yang akan menambah keseruan saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com