Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Bikin Motor Tetap Prima, Jangan Abaikan 2 Hal Ini

Kompas.com - 22/08/2023, 17:31 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi trasnportasi yang penting, sepeda motor harus mendapatkan perawatan yang rutin agar kondisinya tetap terjaga dan prima.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah sektor mesin. Dengan rutin mengganti oli, motor akan tetap memiliki performa yang baik dan bisa berfungsi secara optimal.

Oli mesin berperan penting untuk komponen. Tak sekadar hanya memberikan pelumas untuk menghindari gesekan berlebih, tapi juga memiliki banyak fungsi lainnya seperti membantu proses pendinginan sampat mencegah karat.

Baca juga: Pentingnya Baterai buat Sumber Kelistrikan Motorhome

Ilustrasi mengganti oli mesin motorDok. DAM Ilustrasi mengganti oli mesin motor

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman mengatakan, fungsi dari oli mesin sangat kompleks, sehingga pemilik motor harus memperhatikan kualitas agar kendaraan tetap dalam performa yang baik.

"Untuk menjaga agar performa mesin tetap bekerja dengan optimal, sebaiknya mengganti oli mesin secara rutin, misalnya setiap 2 bulan atau 2.000 km, tergantung mana yang lebih dahulu dicapai," ungkap Ade, dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Selain mengacu pada kilometer, pemeriksaan secara berkala pada oli mesin juga perlu dilakukan. Tujuannya agar terhindar dari kerusakan.

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF

Jangan juga mengabaikan soal kebersihan motor, karena bila malas efeknya bisa sangat merugikan pemilik.

Kepala Bengkel AHASS 1112 Karya Mulia mengatakan, perawatan seperti mencuci motor juga harus dilakukan agar kendaraan tidak berkarat.

Cuci motor adalah salah satu bentuk perawatan wajib, tujuannya menjaga komponen tidak berkarat. Dicky Aditya Wijaya Cuci motor adalah salah satu bentuk perawatan wajib, tujuannya menjaga komponen tidak berkarat.

"Motor sering dicuci, kalau musim penghujan. Masalahnya timbul karat biasanya terkena air hujan dan air laut," ungkap Iwan kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Mencuci motor setelah terkena air hujan atau air laut ini, akan menghilangkan partikel berbahaya yang akan menyebabkan karat pada kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com