Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Baterai buat Sumber Kelistrikan Motorhome

Kompas.com - 22/08/2023, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemping atau traveling pakai mobil yang disulap menjadi rumah berjalan atau motorhome kini mulai menjadi tren di Tanah Air.

Selayaknya rumah, untuk mengoperasikan peralatan elektronik pada motorhome memerlukan sumber kelistrikan yang biasanya bersumber dari aki mobil. Namun, mau tidak mau mesin mobil harus selalu menyala.

Lalu apakah saat motorhome diam mesin mobil harus selalu menyala agar barang elektronik di mobil tidak mati?

Azis, Marketing Baze mengatakan, kini modifikasi motorhome atau campervan sudah punya inovasi dengan baterai sebagai sumber kelistrikan pada mobil.

Baca juga: Khusus Konsumen Ini, Beli Mobil Wuling Bisa DP Cuma Rp 5 Juta

“Baterai motorhome punya ukuran ringkas, biasanya pada motorhome dengan inovasi tersebut ada ruang khusus tempat menyimpan baterai. Kalau mobil berhenti buat kemping, tidak perlu menyalakan mesin mobil lagi. AC, kulkas, TV atau lampu-lampu akan menyala dengan baterai,” kata Azis kepada Kompas.com beberapa hari yang lalu di ICE-BSD, Tangerang.

Maha Motorhome BazeKompas.com/Nanda Maha Motorhome Baze

Aziz juga mengatakan, baterai merupakan solusi listrik canggih agar perjalanan berkemah tetap nyaman. Dengan menggunakan baterai, pemilik motorhome jauh lebih aman dan praktis lantaran sumber kelistrikan adalah baterai. Sehingga mesin mobil bisa dimatikan saat mobil sedang menetap.

Baca juga: Gagal Dapat Motor Pabrikan, Rossi Minta Bezzecchi Jangan Pindah

Selayaknya baterai pada umumnya, baterai pada motorhome juga perlu pengisian daya apabila sudah mulai berkurang.

“Namun di motorhome yang dirancang oleh Baze ini juga menawarkan alternatif lain yaitu mobil juga bisa langsung di colok ke sumber aliran listrik terdekat. Biasanya di tempat kemping ada colokan listrik. Nanti tinggal langsung dicolokan saja ke stopkontak tersebut, sehingga tidak perlu pakai baterai,” kata Aziz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com