Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Suzuki Ciptakan Mobil Hybrid Murah Agar Bisa Dibeli Masyarakat Pegawai | Pemprov DKI Dilarang Pakai Kendaraan Bermotor Setiap Rabu

Kompas.com - 21/08/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan sederet mobil yang sudah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) alias mild hybrid pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Kendaraan Suzuki yang mengusung teknologi mild hybrid itu, adalah Ertiga Hybrid, Grand Vitara Hybrid, dan XL7 Hybrid yang belum lama diluncurkan.

Sebagai informasi, teknologi SHVS dilengkapi dengan komponen Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery yang memiliki fungsi acceleration assist untuk meringankan beban mesin saat berakselerasi.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menerapkan aturan baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) di lingkungan Pemprov DKI.

Jadi, mereka diminta untuk tidak membawa kendaraan bermotor berbahan bakar minyak ke kantor pada Rabu setiap pekan.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Asep Kuswanto, aturan ini merupakan realisasi dari arahan Pj Gubernur, Heru Budi Hartono, dalam upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Baca juga: Merek China Menginvasi GIIAS 2023

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada 20 Agustu 2023 :

1. Suzuki Ciptakan Mobil Hybrid Murah Agar Bisa Dibeli Masyarakat

Test Drive Suzuki GIIAS 2023Suzuki Test Drive Suzuki GIIAS 2023

Singkatnya, regenerative braking dengan memanfaatkan momen deselerasi untuk menghasilkan kembali daya listrik yang akan disimpan di baterai, serta engine auto start- stop yang akan menghentikan proses pembakaran dalam mesin ketika tidak diperlukan selama perjalanan.

Berbeda dengan pabrikan otomotif lain yang langsung membuat mobil listrik, Suzuki justru masih bertahan dengan teknologi mild hybrid yang dimiliki.

Baca juga: Suzuki Ciptakan Mobil Hybrid Murah Agar Bisa Dibeli Masyarakat

2. Pegawai Pemprov DKI Dilarang Pakai Kendaraan Bermotor Setiap Rabu

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

"Kami telah menetapkan setiap Rabu dalam sepekan, seluruh ASN maupun PJLP yang bertugas di kantor dinas maupun lima suku dinas tidak membawa kendaraan bermotor kecuali berbasis listrik," ujar Asep, dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/8/2023).

Asep juga mengatakan, pihaknya juga menfasilitasi warga yang ingin melakukan uji emisi kendaraan bermotor gratis di kantor dinas dan suku dinas LH setiap hari.

Baca juga: Pegawai Pemprov DKI Dilarang Pakai Kendaraan Bermotor Setiap Rabu

3. Kredit Suzuki S-Presso DP Rp 7 Jutaan, Cicilan mulai Rp 3 Jutaan

Tes drive Suzuki S-Presso AGS 2023 di Tol CisumdawuKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tes drive Suzuki S-Presso AGS 2023 di Tol Cisumdawu

Suzuki S-Presso jadi salah satu model yang mendapatkan penawaran menarik selama GIIAS 2023. Meskipun tidak masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), tapi S-Presso merupakan mobil yang terjangkau di kelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com