Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Suzuki Ciptakan Mobil Hybrid Murah Agar Bisa Dibeli Masyarakat Pegawai | Pemprov DKI Dilarang Pakai Kendaraan Bermotor Setiap Rabu

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan sederet mobil yang sudah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) alias mild hybrid pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Kendaraan Suzuki yang mengusung teknologi mild hybrid itu, adalah Ertiga Hybrid, Grand Vitara Hybrid, dan XL7 Hybrid yang belum lama diluncurkan.

Sebagai informasi, teknologi SHVS dilengkapi dengan komponen Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery yang memiliki fungsi acceleration assist untuk meringankan beban mesin saat berakselerasi.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menerapkan aturan baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) di lingkungan Pemprov DKI.

Jadi, mereka diminta untuk tidak membawa kendaraan bermotor berbahan bakar minyak ke kantor pada Rabu setiap pekan.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Asep Kuswanto, aturan ini merupakan realisasi dari arahan Pj Gubernur, Heru Budi Hartono, dalam upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada 20 Agustu 2023 :

1. Suzuki Ciptakan Mobil Hybrid Murah Agar Bisa Dibeli Masyarakat

Singkatnya, regenerative braking dengan memanfaatkan momen deselerasi untuk menghasilkan kembali daya listrik yang akan disimpan di baterai, serta engine auto start- stop yang akan menghentikan proses pembakaran dalam mesin ketika tidak diperlukan selama perjalanan.

Berbeda dengan pabrikan otomotif lain yang langsung membuat mobil listrik, Suzuki justru masih bertahan dengan teknologi mild hybrid yang dimiliki.

2. Pegawai Pemprov DKI Dilarang Pakai Kendaraan Bermotor Setiap Rabu

"Kami telah menetapkan setiap Rabu dalam sepekan, seluruh ASN maupun PJLP yang bertugas di kantor dinas maupun lima suku dinas tidak membawa kendaraan bermotor kecuali berbasis listrik," ujar Asep, dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/8/2023).

Asep juga mengatakan, pihaknya juga menfasilitasi warga yang ingin melakukan uji emisi kendaraan bermotor gratis di kantor dinas dan suku dinas LH setiap hari.

3. Kredit Suzuki S-Presso DP Rp 7 Jutaan, Cicilan mulai Rp 3 Jutaan

Suzuki S-Presso jadi salah satu model yang mendapatkan penawaran menarik selama GIIAS 2023. Meskipun tidak masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), tapi S-Presso merupakan mobil yang terjangkau di kelasnya.

Salah satu pramuniaga Suzuki di GIIAS 2023, mengatakan, diskon S-Presso berada di kisaran belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah pada bulan ini.

4. Link Live Streaming MotoGP Austria 2023, Balapan Digelar Malam Ini

Seri ke-10 MotoGP 2023 akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu (20/8/2023).

Berikut link live streaming nonton MotoGP Austria. Pada seri sebelumnya, Aleix Espargaro berhasil memenangkan balapan utama setelah terlibat duel sengit dengan Francesco Bagnaia.

Berkat kemenangan tersebut, Aleix mendapat tambahan poin dan menempati peringkat keenam klasemen sementara MotoGP.

5. Penyakit yang Sering Terjadi pada Motor Listrik

Motor listrik menjadi kendaraan yang cukup dekat dengan masyarakat Indonesia di era transisi elektrifikasi ini. Harganya yang jauh lebih terjangkau daripada mobil membuatnya sangat mungkin dicoba lebih dulu oleh konsumen.

Motor listrik juga sudah mulai banyak dipasarkan dengan harga terjangkau setelah pemerintah menggelontorkan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk tipe motor listrik tertentu.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/21/060200515/-populer-otomotif-suzuki-ciptakan-mobil-hybrid-murah-agar-bisa-dibeli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke