Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Austria 2023, Bagnaia Sempurna di Red Bull Ring

Kompas.com - 20/08/2023, 19:52 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Ducati Francesco Bagnaia menjadi juara di MotoGP Austria yang digelar di Red Bull Ring, Minggu (20/8/2023). Kemenangan ini menyempurnakan hasil Bagnaia yang sebelumnya sudah menang di Sprint Race, Sabtu lalu.

Posisi kedua ditempati oleh pebalap KTM Brad Binder, yang berjarak sekira 5 detik dengan Pecco Bagnaia. Sedangkan pebalap Mooney VR46 Marco Bezzecchi ada di posisi ketiga.

Posisi keempat ada rekan Bezzecchi, Luca Marini, yang bisa memaksa rider Gresini Ducati, Alex Marquez harus puas di posisi kelima.

Balapan MotoGP Austria bergulir dengan cuaca cukup cerah. Tercatat, sirkuit yang terletak Spielberg, Austria tersebut sudah menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2016.

Pada dua tahun pertama pandemi Covid-19, Red Bull Ring bahkan menggelar dua balapan sekaligus, yaitu seri Austria dan Styria.

Baca juga: Penyakit yang Sering Terjadi pada Motor Listrik

Bisa dibilang Red Bull Ring adalah sirkuit kecepatan tinggi buat motor MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang 4,348 km dengan total 11 tikungan, yang menjadi sirkuit dengan jumlah tikungan paling sedikit.

Sebagai informasi tambahan, nama pertama sirkuit yang dibangug 1969 itu adalah Osterreichring alias sirkuit Austria atau dikenal dengan A1 Ring.

Sirkuit ini mengalami perombakan di 1996 dan 2011 kemudian berganti nama menjadi Red Bull Ring. Nama ini dipakai karena mendapat dukungan penuh dari produsen minuman energi asal Austria, Red Bull.

Baca juga: Kredit Suzuki S-Presso DP Rp 7 Jutaan, Cicilan mulai Rp 3 Jutaan

Menariknya, nama Red Bull Ring itu juga diperkuat dengan berdirinya patung Banteng Merah atau Red Bull di tengah-tengah sirkuit.

Selain itu, nama sirkuit MotoGP biasanya didominasi nama-nama pebalap legendaris atau lokasi di mana sirkuit itu berada. Namun di Austria, sirkuit MotoGP justru mengambil julukan dari nama binatang.

Baca juga: Pegawai Pemprov DKI Dilarang Pakai Kendaraan Bermotor Setiap Rabu

Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia (kanan), bersaing dengan pebalap KTM, Brad Binder, dalam MotoGP Austria 2023 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (20/8/2023).AFP/JURE MAKOVEC Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia (kanan), bersaing dengan pebalap KTM, Brad Binder, dalam MotoGP Austria 2023 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (20/8/2023).

Jalannya Balap

Balapan dimulai dengan keunggulan Francesco Bagnaia, Brad Binder, dan Jack Miller. Maverick Vinales yang awalnya start dari urutan kedua, langsung melorot ke posisi 10.

Memasuki lap kedua, Binder berusaha keras untuk mencoba melewati Bagnaia. Namun pebalap Ducati itu tetap memimpin.

Sampai lap ke-9, jalannya balap tidak banyak berubah. Hingga akhirnya Alex Marquez menyalip Miller, dan menempati posisi tiga.

Baca juga: Suzuki Ciptakan Mobil Hybrid Murah Agar Bisa Dibeli Masyarakat

Miller kini turun ke urutan keenam karena Marini dan Bezzecchi juga melewati pebalap KTM tersebut

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com