Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Toyota Innova Diesel Bekas

Kompas.com - 18/08/2023, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melakukan pengecekan pada bagian eksterior dan interior, melakukan test drive alias mencoba langsung kendaraan harus dilakukan oleh calon konsumen yang membeli mobil bekas.

Pasalnya, dengan mencoba langsung kendaraan, calon pembeli bisa merasakan sensasi mengendarai serta dapat menggambarkan kondisi mobil yang sesungguhnya.

Salah satu perusahaan yang menyediakan mobil bekas siap pakai adalah Mobil88. Kompas.com mendapat kesempatan untuk mengajak Toyota Innova diesel yang dijual di showroom mobil bekas di Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Cek Kondisi Kabin Toyota Innova Diesel Bekas di Mobil88

Mobil yang tim redaksi coba adalah toyota Kijang Innova diesel tipe V AT lansiran tahun 2019, transmisi manual. Sebelumnya, tim redaksi sudah mengulas eksterior dan interior, maka kini beralih ke rasa berkendara.

Mobil bekas Toyota Innova Diesel V AT 2019Kompas.com/Nanda Mobil bekas Toyota Innova Diesel V AT 2019

Toyota Innova diesel yang tim redaksi coba sudah berumur empat tahun, dengan jarak tempuh 103.635 Km. Artinya Innova bekas ini tergolong mobil ‘capek’. Sebab jika dibagi per bulannya mobil ini menempuh jarak sekitar 2.000 Km.

Sebagai acuan rasa berkendara Kompas.com melihat ‘grade’ atau tingkatan yang diberikan Mobil88. Pada dasarnya ada beberapa grade atau tingkat kualitas, yang paling tinggi A dan paling rendah D.

Adapun Innova diesel yang Kompas.com jajal masuk ke grade C. Hal ini lantaran mobil tersebut sudah memasuki masa usia pakai 4 tahun dan kilometer 100.000 Km lebih.

Saat masuk kabin, tim redaksi merasakan mobil cukup nyaman. Pertama dari sisi visibilitas juga cukup jelas, baik depan, samping kiri-kanan, dan belakang.

Interior Toyota Innova dieselKompas.com/Nanda Interior Toyota Innova diesel

Posisi duduk pengemudi cukup nyaman, lantaran mobil ini sudah dibekali dengan setir tilt dan telescopic, dengan pengaturan jok maju-mundur, tinggi-rendah. Sehingga untuk mendapatkan posisi duduk yang ergonomis tidak sulit.

Mulai menginjak pedal gas Innova diesel 2.400 cc dengan tenaga 147 Tk, suara mesin memang tak sehalus mobil bensin, namun masih dalam batas wajar dan tidak mengganggu.

Tak butuh effort lebih, saat tim redaksi menginjak pedal gas sedikit, tenaga mesin diesel langsung tersalurkan.

Menekan pedal gas 65 Km per jam (kpj), tarikan mesin cukup responsif dan setir terasa mantap. Handling mobil juga cukup baik saat mobil diajak bermanuver.

Baca juga: Promo Kredit Mobil di GIIAS 2023, DP Rendah sampai Cashback Rp 9 Juta

Soal suspensi, Kijang Innova diesel tergolong empuk untuk kategori segmen MPV bongsor. Sayangnya, dengan keterbatasan waktu tim redaksi tidak bisa melakukan pengetesan lebih jauh.

Secara keseluruhan, Toyota Innova diesel bekas yang tim redaksi coba masih dalam kondisi prima, tidak ada suara raungan mesin yang mengganggu, handling dan suspensi masih dalam kategori baik untuk mobil bekas dengan usia 4 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com