Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Diskon SUV Segmen B di GIIAS 2023, Kia Sonet Tembus Rp 30 Juta

Kompas.com - 17/08/2023, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS. com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 memasuki empat hari terakhir. Berbagai program digelontorkan dalam upaya menarik pengunjung serta pembeli melalui potongan harga.

Menariknya, pemberian diskon tersebut tak terbatas kepada mobil keluarga terbaru yang berada di segmen LMPV saja. Tetapi juga menyasar sport utility vehicle (SUV) segmen B, seperti Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, Honda HR-V, Kia Sonet, Wuling Alvez, hingga Mitsubishi XForce yang baru saja meluncur.

Tipe kendaraan ini diketahui terbilang mulai ramai peminat beberapa waktu belakangan, terkhusus setelah hadirnya Mitsubishi XForce dan Toyota Yaris Cross. Sementara Honda HR-V, Hyundai Creta, Kia Sonet dan Wuling Almaz sudah lebih dulu meluncur.

Baca juga: Toyota Indonesia Tertarik Bawa Mesin Bahan Bakar Hidrogen

Berdasarkan penuturan tenaga penjual Mitsubishi, XForce mendapat potongan harga hingga Rp 7 jutaan selama GIIAS. Sebagai informasi XForce dibanderol mulai dari Rp 379,9 juta untuk tipe terendah yakni Exceed, dan Rp 412,9 juta untuk trim tertinggi Ultimate.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Namun, jika merujuk dari situs resmi Mitsubishi, SUV baru dari pabrikan berlambang tiga berlian ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Untuk XForce Exceed Rp 382,5 juta, sedangkan untuk Ultimate Rp 419,1 juta.

“Rencana harga XForce setelah GIIAS ini naik sekitar Rp 7 jutaan. Harga yang di website itu kemungkinan rencana harga setelah GIIAS,” ucap tenaga penjual Mitsubishi kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2023).

Produsen otomotif asal China, Wuling Motors (Wuling) turut memberi potongan harga yang sama dengan Mitsubishi XForce yakni Rp 7 juta, bagi setiap konsumen yang ingin membeli Wuling Alvez.

“Sebetulnya kalau Alvez belum ada potongan harga, tapi khusus di GIIAS kita kasih diskon Rp 7 juta,” ujar tenaga penjual Wuling.

Bagi konsumen yang berniat membeli Toyota Yaris Cross juga kan mendapat potongan harga, hanya saja diskon yang diberikan tidak sebanyak XForce.

Toyota Yaris Cross saat beradaptasi di jalan berliku di Kawasan BromoKompas.com - Aris Harvenda Toyota Yaris Cross saat beradaptasi di jalan berliku di Kawasan Bromo

“Yaris Cross diskonnya cuma Rp 5 juta, bensin sm HEV sama, karena baru meluncur,” kata tenaga penjual Toyota.

Adapun diskon yang lebih besar ditawarkan untuk setiap konsumen yang berniat membeli Honda HR-V. Berdasarkan penuturan tenaga penjual Honda, HR-V mendapat diskon hingga Rp 20 juta selama GIIAS 2023.

“Diskon Rp 20 juta maksimal, bisa dapat lucky dip minimal Rp 1 juta maksimal Rp 50 juta,” ucap tenaga penjual Honda.

Sementara untuk konsumen yang ingin mendapat diskon yang lebih besar bisa memilih unit Hyundai Creta, diskon yang diberikan mencapai Rp 27 juta.

Hyundai Creta dipamerkan di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Creta dipamerkan di Jakarta Fair 2023

“Hyundai Creta diskon yang paling besar di tipe Prime, mencapai Rp 27 juta, kalau yang Style diskonnya beda Rp 2 juta, jadi sekitar Rp 25 juta,” ujar tenaga penjual Hyundai.

Diskon paling besar diberikan oleh merek Korea Selatan lainnya, yakni Kia. Konsumen yang berniat membeli Kia Sonet bisa mendapat potongan harga Rp 30 juta.

Baca juga: Komparasi Fitur Hyundai Stargazer X dan Mitsubishi Xpander Cross

“Minimal DP 10 persen, diskonnya Rp 30 juta. Barangnya ready, dapat free service juga,” kata tenaga penjual tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com