Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mobil Listrik Termahal di GIIAS 2023, Tembus Rp 3,9 Miliar

Kompas.com - 17/08/2023, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menghadirkan deretan mobil listrik yang canggih. Tapi, di balik kecanggihan tersebut, harganya juga sangat tinggi.

Banderol yang tinggi disebabkan oleh rata-rata mobil listrik yang diluncurkan di Indonesia, diimpor secara utuh alias completely built up (CBU). Sehingga, ketika sampai di sini, harganya terbilang tinggi.

Baca juga: Mobil Listrik MG4 EV Diskon Rp 70 Juta di GIIAS 2023

Berikut ini lima mobil listrik termahal di GIIAS 2023:

1. Mercedes-Benz EQS Edition 1

Mercedes-Benz EQS Edition 1Dok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz EQS Edition 1

Sedan listrik ini sangat mewah dan diluncurkan secara terbatas. Jumlahnya hanya 12 unit dan EQS Edition 1 diklaim sebagai mobil yang spesial.

"Spesial karena ini adalah mobil listrik pertama yqng didesain dari nol dan merupakan cikal bakal mobil listrik Mercedes-Benz," kata Deputi Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Hari Arifianto, dalam sambutannya, di ICE BSD.

Secara spesifikasi, tidak ada bedanya dengan EQS varian lainnya. Perbedaan hanya pada eksterior atau bersifat kosmetik saja, seperti warna two-tone, emblem Edition 1, dan lainnya.

EQS dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh, yang dapat menempuh jarak 770 km, jarak terjauh di antara kendaraan listrik di pasar Indonesia.

Maka itu, tak heran jika EQS Edition 1 dibanderol Rp 3,95 miliar (off the road).

Baca juga: Bahas Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS SUV di GIIAS 2023

2. Mercedes-Benz EQS SUV

Mercedes-Benz EQS SUVKompas.com/Donny Mercedes-Benz EQS SUV

EQS SUV dibekali dengan motor listrik bertenaga 360 tk dengan torsi 800 Nm. Kemampuan akselerainya untuk 0-100 kilometer per jam, dapat dicapai hanya dalam waktu 6 detik.

Dengan baterai berkapasitas 108,4 kWh, EQS SUV diklaim dapat menempuh jarak untuk sekali pengisian hingga 610 km. Selain itu, pengisian daya juga sangat cepat menggunakan DC Fast Charging, dari 10 persen ke 80 persen hanya butuh 31 menit.

"The new EQS SUV adalah all-electric SUV pertama yang menggunakan arsitektur baru dari Mercedes-Benz, menggabungkan SUV dengan semua fitur yang tersedia pada EQS," ujar Presiden Direktur PT MBDI Choi Duk Jun.

EQS SUV dibanderol dengan harga Rp 3,59 miliar (off the road).

Baca juga: BMW Pamer Sedan Listrik i7 di GIIAS 2023, Simak Spesifikasinya

3. BMW i7

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com