Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Tampang dan Kemampuan, Neta S Vs Tesla Model S

Kompas.com - 15/08/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Neta ikut ambil bagian di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Tak cuma meluncurkan Neta V, pabrikan asal China itu juga memajang sedan listrik Neta S.

Neta S bisa dikatakan sebagai salah satu primadona dan melantai di tengah-tengah area booth. Meski baru sekadar ekshibisi, hadirnya Neta S merupakan cara Neta menunjukkan keseriusan produknya di segmen mobil listrik.

Baca juga: Mobil Daihatsu Bisa Tenggak BBM Bioetanol Sampai10 Persen

Di segmen ini sebetulnya Neta S bisa dibandingkan dengan Tesla Model S. Adapun Tesla Model S sendiri belum dijual resmi oleh APM Tesla di Indonesia, tapi unitnya bisa ditemui lewat jalur importir umum.

Tesla Model S P100D yang dipajang di IIMS 2017. Model ini dijual dengan banderol Rp 4,4 miliar.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tesla Model S P100D yang dipajang di IIMS 2017. Model ini dijual dengan banderol Rp 4,4 miliar.

Untuk Neta S karakter mobil Eropa cukup kental, karena dibekali butterfly door alias pintu depan yang terbuka ke atas, mirip seperti milik Ferrari dan Lamborghini. Tampilan desain yang nyentrik juga diimbangi oleh spesifikasi yang mumpuni.

Neta S model 2021 dibekali baterai berjenis litium ion kapasitas 95 kWH. Klaim daya jelajahnya terbilang fantastis karena menembus 800-1.100 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Neta S juga mengusung dua dinamo motor di bagian depan dan belakang. Membuat mobil ini bisa berpindah penggerak menjadi AWD, RWD, atau FWD.

Dinamo tersebut bisa menghasilkan 460 tk dan torsi 660 Nm. Klaim pabrikan mobil bisa melaju dari 0-100 kpj hanya dalam 3,9 detik.

Baca juga: AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat

Spesifikasi Neta S, mobil listrik sport asal China dengan jarak tempuh 1.100 kilometer dan harga sekitar Rp 762 juta. Melantai di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Spesifikasi Neta S, mobil listrik sport asal China dengan jarak tempuh 1.100 kilometer dan harga sekitar Rp 762 juta. Melantai di GIIAS 2023

Untuk pengisian daya, mobil ini telah mendukung pengisian daya cepat CCS-2 charger yang dapat mengisi daya dari 10 persen-90 persen hanya dalam 80 menit.

Di negara asalnya, Neta S dibanderol dengan harga 338.800 yuan China atau setara dengan Rp 762 jutaan.

Adapun Tesla Model S 2023 merupakan sedan kapasitas 5-penumpang. Dimensi memiliki panjang 4.978 mm, lebar 1.850 mm W dan tinggi 1.443 mm H. Pesaing terdekatnya yaitu Marcedes-Benz EQS.

Tesla Model S memiliki tiga varian. Paling dasar Long Range, Plaid dan yang paling tinggi adalah Plaid+. Perbedaannya ialah berdasarkan kemampuan jarak tempuh.

Baca juga: AHM Tanggapi Kejadian Rangka Honda Beat Patah dan Berkarat

Tesla Model S model perdana Tesla yang sukses di AS.www.insideevs.com Tesla Model S model perdana Tesla yang sukses di AS.

Varian Long Range mampu menempuh jarak sejauh 663 km dalam sekali isi, harganya di Amerika Serikat sekitar Rp 1,1 miliar.

Kemudian, varian Plaid sebagai model tengah hanya 627 km, walau lebih kecil, dinamonya lebih bertenaga menggunakan triple motors All-Wheel Drive. Harganya lebih kurang Rp 1,7 miliar.

Kemudian, yang paling tinggi yaitu Plaid + bisa menempuh jarak 836 km. Tenaga motor listriknya mencapai 1.100 tk. Klaim pabrikan akselerasi dari 0-100 kpj bisa ditempuh dalam waktu dua detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com