Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Pelayanan Bus Sinar Jaya Suite Class dan Eksekutif Class

Kompas.com - 15/08/2023, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Awak redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan pulang pergi menggunakan bus PO Sinar Jaya dari Solo ke Jakarta dan rute sebaliknya.

Sebagai perbandingan, bus yang digunakan memiliki kelas yang berbeda. Saat berangkat dari Solo ke Jakarta menggunakan bus Sinar Jaya Suite Class, sedangkan dari Jakarta ke Solo yang Eksekutif Leg Rest Class.

Harga tiket Suite Class Rp 335.000 sementara Eksekutif Class Rp 210.000, selisih Rp 125.000 ternyata akan berdampak pada perbedaan layanan yang diberikan. Seperti apa detailnya, simak ulasan kami berikut ini!

Baca juga: Pengalaman Naik Bus Suites Class PO Sinar Jaya Rute Jakarta-Solo

PO Sinar Jaya kelas eksekutifKOMPAS.com/ SELMA AULIA PO Sinar Jaya kelas eksekutif

Suite Class atau sleeper bus milik PO Sinar Jaya yang kami tumpangi ini menggunakan bodi Legacy SR2 buatan karoseri Laksana dan sasis Mercedes-Benz OH 1626 bermesin belakang. Sementara Eksekutif Class menggunakan sasis Hino RN 285 bermesin belakang dengan bodi Avante H7 buatan Karoseri Tentrem.

Andalan Suite Class ada pada tempat duduknya, yang diubah sedemikian rupa agar penumpang bisa rebahan dengan nyaman selama perjalanan. Bus ini biasa disebut juga sebagai sleeper bus karena tempat duduknya bisa direbahkan hingga 150 derajat.

Pengaturan tempat duduk pada Suite Class cukup unik karena bila biasanya tempat duduk ditata berdampingan 2-2 kanan dan kiri, pada kelas ini jok ditumpuk bertingkat kanan dan kiri dengan konfigurasi 1-1. Kapasitas penumpang juga terbatas hanya 22 bangku saja.

Baca juga: Merasakan Sleeper Bus PO Sinar Jaya Rute Solo-Jakarta Berangkat Pagi

Kursi PO Sinar Jaya kelas eksekutifKOMPAS.com/ SELMA AULIA Kursi PO Sinar Jaya kelas eksekutif

Sedangkan pada Eksekutif Class sudut tempat duduk masih bisa disesuaikan hanya saja tidak bisa maksimal karena jarak tempat duduk dengan belakangnya tidak luas. Susunannya juga masih umum 2-2 dengan lorong yang agak sempit. Kapasitas penumpang pada kelas ini mencapai 32 bangku.

Kendati demikian, tempat duduk yang diberikan tetap memiliki kenyamanan ekstra karena jok memang empuk dibalut panduan kulit dan kain bludru yang lembut khas PO Sinar Jaya. Namun, bantal dan selimut yang disediakan berbeda karena pada Suite Class benar-benar masih tampak baru, lembut, wangi dan terbungkus plastik.

Pada Eksekutif Class penumpang bisa memanfaatkan sandaran kaki yang nyaman dan berkelas, bisa diatur sedemikian rupa agar kaki penumpang tidak menggantung. Tempat duduk juga tersedia sandaran lengan minimalis tanpa cup holder dan storage.

Baca juga: PO Sinar Jaya Buka Trayek Baru, Kepanjen - Poris Pakai Bus Eksekutif

Tempat duduk PO Sinar Jaya Suite Class bisa direbahkan dilengkapi selimut dan bantalKompas.com/Erwin Setiawan Tempat duduk PO Sinar Jaya Suite Class bisa direbahkan dilengkapi selimut dan bantal

Sedangkan pada Suite Class terdapat sandaran tangan berbentuk meja memanjang dari depan ke belakang. Di area tersebut terdapat cup holder dan storage yang cukup berguna untuk menaruh benda seperti botol, gelas atau benda lainnya.

Terdapat juga dua colokan USB dengan daya output 2 ampere dan 5 ampere yang bisa digunakan untuk mengecas handphone dan sejenisnya pada meja tersebut sedangkan pada Eksekutif Class ada di atas berdampingan dengan lampu kabin.

Bila pada Suite Class tersedia layar sentuh audio video on demand (AVOD) untuk masing-masing penumpang yang menyajikan hiburan cukup lengkap selama perjalanan, pada Eksekutif Class hanya tersedia satu layar utama dan speaker di beberapa sudut kabin.

Baca juga: PO Sinar Jaya Punya Trayek Baru, Pringsewu-Yogyakarta via Ciamis

Meja di sebelah tempat duduk tersedia cup holder dan port USB.Kompas.com/Erwin Setiawan Meja di sebelah tempat duduk tersedia cup holder dan port USB.

Layanan makan yang diberikan PO Sinar Jaya pada bus Suite Class dan Eksekutif Class relatif sama yakni satu kali makan, dan minum. Bedanya, pada Suite Class penumpang bisa membuat minum secara mandiri di area kopi dan pada Eksekutif Class hanya air mineral kemasan 600 ml.

Untuk lama waktu tempuhnya hampir sama, sekitar delapan sampai 10 jam tergantung kondisi kepadatan jalan tol Trans Jawa.

Secara umum, pelayanan yang diberikan PO Sinar Jaya cukup menyenangkan pada masing-masing kelas. Hanya saja, perbedaan pelayanan dan kenyamanan pasti ada karena tarif Ekesekutif Class dan Suite Class memang berbeda.

Nah, begitulah ulasan singkat dari kami selama menggunakan bus PO Sinar Jaya Suite Class dan Eksekutif Class. Dengan demikian, konsumen bisa membandingkan dengan lebih objektif terkait tarif dan layanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com