Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pasang Baterai All New CR-V Hybrid di Belakang

Kompas.com - 14/08/2023, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk pertama kalinya memasarkan mobil hybrid dengan teknologi e:HEV, yakni All New CR-V Hybrid. Mobil ini dilengkapi dengan baterai yang ditempatkan di bagian belakang.

All New CR-V dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh. Baterai tersebut diletakkan di bagian belakang bodi, tepatnya di bagasi.

Baca juga: All New Honda CR-V Diklaim Aman Konsumsi Bioetanol E5

Dengan adanya baterai tersebut, All New CR-V hanya dapat menampung lima penumpang. Selain itu, CR-V terbaru sudah tidak dibekali juga dengan ban cadangan dan digantikan oleh tyre repair kit.

All New Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023 jadi daya tarik pengunjungKompas.com/Donny All New Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023 jadi daya tarik pengunjung

Pada mobil hybrid lainnya, baterai tersebut ada yang diletakkan di bagian depan. Tepatnya, di bawah bangku penumpang baris pertama.

Hirofumi Hanafusa, Engineering Design Development Leader, From Automobile Development Center Automobile Operations Honda, mengatakan, bagian yang diutamakan adalah ruang. Bagaimana bisa memberikan ruang yang lega untuk penumpang.

Baca juga: Fitur Canggih Honda Connect All New CR-V Hybrid

"Jika baterai diletakkan di bawah bangku penumpang depan, maka mungkin akan mengganggu penumpang ketika duduk," ujar Hanafusa, saat ditemui di booth Honda, Jumat (11/8/2023).

All New Honda CR-V HybridDok. HPM All New Honda CR-V Hybrid

Selain mengutamakan kenyamanan penumpang, alasan lainnya berhubungan dengan efisiensi produksi. Sebab, struktur rangka dan bodi yang digunakan pada All New CR-V Hybrid, digunakan juga pada All New CR-V Turbo.

"Jadi, untuk menyeragamkan struktur bodinya. Jadi, dari sisi pengembangan tidak membuat biayanya tinggi dan lain-lain. Maka itu, baterainya diletakkan di belakang," kata Hanafusa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com