Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Kecelakaan Saat Berkendara Bisa dari Hal Sepele

Kompas.com - 13/08/2023, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Berkendara yang aman tidak hanya sekedar mahir mengendarai mobil saja, ada faktor lain yang penting untuk keselamatan. Sebab faktor kecelakaan bisa terjadi dimana saja, namun kerap disepelekan.

“Pengemudi adalah otak dari kendaraan tersebut. Mau kita lari kemana atau belok kemana, kendaraan akan mengikuti. Maka dari itu pengemudi harus dalam keadaan siap,” kata Dindo Ricky Nelson, Workshop head Astra Isuzu Sunter & Service Coordinator Area DKI Jakarta di booth Isuzu yang ada di GIIAS 2023, Minggu (13/8/2023).

Dindo menghimbau agar pengendara harus mampu membaca situasi untuk membaca kondisi jalan, rambu lalu lintas dan marka jalan.

“Karena kita harus menghargai pejalan kaki dan juga objek lain di jalan,” kata Dindo.

Baca juga: Produsen Ban Ini Ramaikan GIIAS 2023, Hadirkan Ban Mobil Berkualitas

Maka dari itu, pemilik kendaraan harus punya kesedaran dalam memeriksa kondisi kendaraan, terutama lampu-lampu. Sebab pemilik mobil harus tahu apakah kendaraan yang digunakan akan mengganggu konsentrasi pengendara lain atau tidak.

Gangguan tersebut misalnya pada saat pulang malam habis kerja, ada gangguan pencahayaan lampu yang berasal dari kendaraan lain.

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan kecelakaan adalah cuaca ekstrim, misalnya terjadi di jalan tol dan alami aquaplaning.Kemudian faktor lainnya suhu panas yang jadi penyebab ban pecah.

Talkshow dari booth Isuzu yang ada di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Talkshow dari booth Isuzu yang ada di GIIAS 2023

“Kerugian materil sangat besar terutama kalau tidak ada asuransi penggantiannya,” kata Dindo.

Pada acara yang sama, Daniel Febrian, Branch Manager Asuransi Astra mengatakan, penting bagi setiap pemilik kendaraan memiliki asuransi yang sesuai kebutuhan. Misalnya asuransi berdasarkan jenis kendaraan, apakah untuk ke komersial atau non komersial.

Baca juga: Produsen Ban Ini Ramaikan GIIAS 2023, Hadirkan Ban Mobil Berkualitas

“Lalu cari tahu juga apakah asuransi tersebut untuk comprehensive atau TLO, dan tergantung dari usia kendaraan tersebut,” kata Daniel.

Daniel juga mengatakan, harus juga mencari tahu tentang perusahaan asuransi apakah sudah punya kredibilitas.

“Salah satunya asuransi Astra Garda Oto dimana diawasi oleh OJK, punya bengkel resmi dan layanan yang menjangkau satu Indonesia, layanan call center 24 jam dan pelayanan derek gratis yang langsung di cover asuransi,” kata Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com