Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Mobil Listrik Volvo C40 EV dengan Tesla Model Y

Kompas.com - 13/08/2023, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo Cars Indonesia yang baru kembali ke pasar Indonesia menyiapkan C40 EV Recharge sebagai salah satu andalannya. Mobil listrik murni dari Volvo itu dibanderol Rp 1,36 miliar.

Secara bentuk, C40 EV ini sebenarnya cocok disandingkan dengan Tesla Model Y. Memang, bodi C40 sedikit lebih pendek daripada Model Y, cuma secara desain, keduanya bergaya crossover.

Kalau dilihat dari bagian depan, C40 tampak membawa desain khas Volvo. Misal logonya yang besar di bagian depan, ditambah lampu LED dengan DRL seperti palu atau huruf T yang miring.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Volvo C40 EV Recharge, Rp 1,36 Miliar

Tesla Model YKompas.com/Donny Tesla Model Y

Seperti biasa, mobil listrik tidak pakai gril yang bolong-bolong layaknya mobil konvensional. Tapi di C40, tetap ada gril buatan yang masih mengacu ke desain mobil konvensional, cuma bentuknya rata saja.

Lalu sampai ke bagian belakang, bisa dilihat garis atap yang landai, layaknya kebanyakan SUV crossover. Bagian yang menarik ada pada lampu belakang, dengan desain memanjang dari atas atap sampai ke bawah, mengikuti lekuk bodi.

Lalu untuk Model Y, memang dari awal tidak memiliki gril, bahkan banyak yang bilang mukanya seperti ikan. Jadi bagian depan polos saja, cuma ada lampu utama dan sein yang ada di sebelah DRL.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Honda EM1 e:, Jarak Tempuh Mencapai 41 Km

Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Volvo Cars Indonesia memperkenalkan C40 Pure Electric di GIIAS 2023

Sedangkan Tesla Model Y, tampak padat di bagian belakang, ditambah adanya duck tail yang manis. Lampu Model Y bisa dibilang cukup simpel daripada di C40, tapi jadi membuat tampilan belakangnya besar.

Pada bagian kabin, C40 bisa dibilang lebih ke arah mobil konvensional, seperti kebanyakan Volvo dengan bahan yang sustainable, bukan pakai kulit. Tampilan instrumennya juga sederhana, ditambah ada head unit di depan.

Kalau Model Y, interiornya jauh lebih simpel. Bahkan di tengah cuma ada layar besar di mana semua pengaturan ada di dalamnya, dari setelan posisi setir, AC, bahkan menunjukkan kecepatan juga.

Soal performa, C40 EV Recharge yang dijual di Indonesia dilengkapi dengan twin motor, alias penggerak semua roda. Baterainya 78 kWh, disalurkan ke motor listrik yang menghasilkan 408 TK dan torsi 670 Nm.

Volvo klaim, dengan baterai penuh, mobil bisa melaju sejauh 500 Km. Lalu kalau dicas pakai stasiun fast charging, dari 10 persen sampai 100 persen memakan waktu 40 menit saja.

Baca juga: Meluncur di GIIAS 2023, All New Honda CR-V Dibanderol mulai Rp 739,9 Juta

Kabin Volvo C40 EV RechargeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Volvo C40 EV Recharge

Sedangkan Model Y sebenarnya ada banyak varian. Cuma yang redaksi bandingkan adalah versi standard range all wheel drive. Model Y ini punya tenaga sekitar 389 TK dan jarak tempuh 279 mil atau setara 450 Km.

Bisa dibandingkan, keduanya punya spesifikasi yang mirip-mirip. Mungkin kalau yang suka modern dan simpel, bisa pilih Tesla Model Y, sedangkan yang ingin mobil terjamin dari pabrikan legendaris, Volvo C40 EV Recharge juga pilihan yang menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com