Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kelengkapan Fitur Stargazer X Vs Xpander Cross, Mana Lebih Unggul?

Kompas.com - 13/08/2023, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menjadi produk turunan dari kendaraan berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV), Hyundai Stargazer X akan berhadapan langsung dengan salah satu crossover terlaris nasional, yaitu Mitsubishi Xpander Cross.

Apalagi dari strategi penentuan harga, Stargazer X hanya selisih tipis, Rp 6 jutaan dari Xpander Cross. Membuat persaingan crossover Rp 350 juta ke bawah semakin padat.

Tidak hanya itu, pada sisi kelengkapan fitur yang disematkan, kedua produk tersebut berupaya memberikan teknologi terbaik di kelasnya sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Baca juga: Mazda Masih Studi Kelayakan Jual Mobil Listrik MX-30

Penampakan interior Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023.KOMPAS.com/Adityo Penampakan interior Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023.

Pertama, untuk sektor layar hiburan, baik Stargazer X maupun Xpander Cross sama-sama dilengkapi head unit berukuran 8 inci yang sudah bisa terkoneksi oleh smartphone.

Bedanya, Stargazer X sudah memiliki empat mode berkendara yang bisa diakses oleh pengemudi melalui layar terkait maupun perintah langsung di konsol tengah.

Selanjutnya, sebagai upaya meningkatkan keamanan saat berkendara, Stargazer X telah disematkan perangkat fitur keamanan aktif Hyundai SmartSense.

Baca juga: Mobil Listrik Asal China Ora 03 Siap Bersaing dengan Ioniq 5

Dalam paket fitur tersebut, sudah terdapat High Beam Assist (HBA), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Driver Attention Warning (DAW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), sampai Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA).

Sementara Xpander Cross, belum terlalu lengkap. Tetapi sebagai gantinya pengemudi akan dimanjakan dengan fitur Active Yaw Control (AYC) yang mengendalikan distribusi torsi ke salah satu roda.

Mitsubishi Motors mengklaim bahwa fitur ini bisa mempertahankan handling yang baik ketika melintas di jalanan lincin. Alhasil, sensasi berkendara bisa lebih menyenangkan.

Baca juga: Adu Performa Mitsubishi XForce vs Honda HR-V, Siapa Lebih Unggul?

Mitsubishi Xpander Cross dengan fitur AYCKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Cross dengan fitur AYC

Secara sederhana, AYC mengalirkan torsi lebih besar ke salah satu roda saat manuver ke kiri atau kanan. Jadi, torsi disalurkan ke roda yang berada di sisi luar sehingga membantu manuver lebih gesit dan lincah.

Adapun serangkaian fitur keselamatan standar seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, ABS dan EBD, serta rem parkir elektrik, keduanya sudah tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com