Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Mitsubishi XForce di GIIAS 2023, Ini Hasilnya

Kompas.com - 12/08/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjadikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 sebagai momen peluncuran Mitsubishi XForce.

Mobil ini dipasarkan dengan dua varian yakni Exceed dan Ultimate. Merujuk pada situs resmi Mitsubishi, trim Exceed dibanderol Rp 382,5 juta dan Ultimate Rp 419,1 juta.

Para pengunjung yang ingin mencoba langsung Mitsubishi XForce, bisa langsung menjajal di arena test drive.

Baca juga: Pacific Coba Masuk ke Segmen Motor Listrik

Sebagai informasi, XForce dibekali dengan desain yang gagah dan tangguh dengan ground clearance yang tinggi khas kendaraan SUV.

Secara mesin masih sama seperti Mitsubishi Xpander, yakni menggunakan mesin berkode 4A91 1.500 cc MIVEC DOHC, yang mampu menghasilkan tenaga 103 tk pada 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Meski begitu, tentu ada perbedaan sensasi berkendara yang dihasilkan antara kedua mobil ini, karena dimensi XForce dan Xpander berbeda.

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

Saat masuk ke kabin XForce, nuansa sporty dan premium terasa berkat tampilan dasbor dengan warna hitam dipadukan aksen melange - moka, dan pengaturan kabin yang dibuat sederhana.

Posisi berkendara yang ergonomis pada XForce juga tidak sulit untuk ditemukan, sebab mobil ini sudah diatur maju mundur serta naik dan turun. Setir juga sudah tilt dan telescopic.

Dari posisi berkendara, mobil ini menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Walaupun mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi visibilitas dari bangku pengemudi ke area luar cukup jelas.

Tak hanya itu, jangkauan ke tombol-tombol yang ada di head unit maupun konsol tengah juga mudah digapai.

Meksi begitu, perlu diketahui bahwa arena test drive GIIAS 2023 yang digelar di area ICE BSD, Tangerang, Banten, cukup terbatas. Namun setidaknya, tim redaksi sudah bisa merasakan impresi berkendara dengan XForce.

Saat tim redaksi menginjak pedal gas, tenaga putaran bawah terasa cukup baik. Akselerasi yang dihasilkan mesin 4A91 1.500 cc cukup responsif.

Sayangnya, karena trek yang terbatas dan tidak terlalu panjang, penguji belum berkesempatan untuk merasakan performa lebih dalam.

impresi berkendara Mitsubishi XForceKompas.com/Nanda impresi berkendara Mitsubishi XForce

Putaran mesin terdengar cukup halus, dan kekedapan kabin XForce bisa dibilang lebih baik dibanding Mitsubishi Xpander.

Soal suspensi, XForce terbilang cukup keras, namun masih dalam batas wajar. Terutama ketika duduk di kursi belakang, penumpang merasakan suspensi yang cukup keras.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga All New Honda CR-V Turbo dan Hybrid di GIIAS 2023

Radius putarnya juga cukup lebar, yakni mencapai 5,2 meter. Sehingga membutuhkan effort yang lebih ketika putar balik terutama di lintasan yang sempit. Meski begitu, radius putar XForce masih lebih baik dibanding pesaingnya yakni HR-V yang punya radius putar 5,5 meter.

Untuk kesan pertama, mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang cukup menyenangkan, tenaga cukup terasa meski di putaran bawah serta interior yang cukup memanjakan mata pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com