Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Mobil Berpelat Dinas Terobos Jalan yang Baru Dicor

Kompas.com - 10/08/2023, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil Toyota Innova melintas di semen jalan yang masih basah.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @miminkotapalembang pada Rabu (9/8/2023). Dalam rekaman itu terlihat mobil berplat merah dengan nomor polisi BG 44 HZ yang melintas dengan santai di semen jalan yang masih basah ketika sejumlah pekerja masih mengecor area tersebut.

Akibatnya, kondisi jalan yang baru saja dicor rusak dan membuat para pekerja jengkel dengan aksi mobil berplat dinas tersebut.

Baca juga: Daihatsu Atrai Mulai Pamer di GIIAS 2023

Mobil plat merah, masuk dak katek (tidak ada) izin segala macam,” kata ucap seorang pekerja dalam video tersebut sambil merekam kejadian.

Dikutip dari Kompas.com, Kadispora Lubuklinggau Purnomo mengatakan terpaksa melintas karena lokasi jalan yang berada di tengah kebun karet dan tidak bisa memutar balik.

“Kondisi jalan sempit tidak bisa memutar balik. Serta, tidak ada rambu penanda yang memberitahukan jalan itu sedang dicor,” ucap Purnomo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PALEMBANG INFO (@miminkotapalembang)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kondisi infrastruktur jalan yang sedang dalam perbaikan harus ditaati.

“Seperti dikasih pembatas, police line atau safety cone dan kalau sempit maka dilakukan rekayasa lalu lintas alias bergantian melintas,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

Sony mengatakan, jika sudah ada pemberitahuan tersebut sebaiknya jangan dilanggar oleh pengguna jalan. Sebab bisa merugikan dan mengganggu alur pekerjaan tersebut.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Seres E1 Bakal Diumumkan di GIIAS 2023

“Jangan dilanggar, kalau pengemudi melanggar maka akan mengganggu flow atau mungkin merusak fasilitas yang sedang dalam perbaikan tersebut dan pasti ada kesemrawutan di situ,” kata dia.

Selain itu, ketika mobil melewati jalan cor yang masih basah tidak langsung dibersihkan maka akan berpotensi terjadinya kerusakan. Sebab, bahan semen yang terdapat pada cor tersebut bisa mengeras pada saat kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com