Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Rasa Berkendara Mobil Bekas Daihatsu Rocky

Kompas.com - 10/08/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan test drive alias mencoba langsung. Karena dengan mencoba langsung dapat menggambarkan kondisi mobil sesungguhnya.

Salah satu perusahaan yang menyediakan mobil bekas siap pakai ialah mobil88. Kompas.com yang penasaran kemudian menjajal Daihatsu Rocky yang sedang dijual di showroom mobil88 di Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Sosok Omoda Versi Listrik yang Siap Ramaikan GIIAS 2023

Mobil yang Kompas.com coba ialah Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone, transmisi CVT produksi tahun 2021. Jika sebelumnya Kompas.com sudah mengulas mengenai eksterior dan interior, maka kini beralih ke rasa berkendara.

Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan  test drive alias mencoba langsung. Foto: mobil88 Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan test drive alias mencoba langsung.

Rocky yang Kompas.com coba sudah berumur dua tahun dengan jarak tempuh 32.911 km. Jarak tersebut termasuk pemakaian normal. Sebab jika lima tahun hitungannya 100.000 km maka 32.000 km masih cukup normal.

Sebagai acuan rasa berkendara Kompas.com melihat "grade" atau tingkatan yang diberikan mobil88. Pada dasarnya ada beberapa grade atau tingkat kualitas, yaitu paling tinggi A dan paling rendah D. Adapun Rocky yang Kompas.com coba masuk grade B.

Saat melakukan starter untuk menyalakan mesin, mobil mudah dihidupkan. Suara mesin masih cukup halus dan tidak ada getaran berarti. Melihat spesifikasi dari mobil88, mobil ini punya riwayat servis rutin yang baik.

Baca juga: Indonesia Perlu Ubah Pola Pikir buat Populerkan Kendaraan Listrik

Saat test drive kondisi jalan ternyata ramai sesak. Di situ Kompas.com merasakan mobil cukup nyaman. Kondisi gas dan rem dalam kondisi baik. Rem tidak berbunyi, baik saat mengerem atau melepas pedal rem.

Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan  test drive alias mencoba langsung. Foto: mobil88 Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan test drive alias mencoba langsung.

Saat jalanan lancar Kompas.com mencoba sedikit menginjak gas sampai kecepatan 70 kpj. Tarikan mobil cukup responsif dan setir "ajeg." Namun untuk hal terakhir perlu tes yang lebih lama dan dalam berbagai kondisi kecepatan.

Sayangnya dengan keterbatasan yang ada Kompas.com tidak dapat menguji suspensi. Namun sejauh perjalanan dapat disimpulkan tidak terdengar suara aneh dari bagian kaki-kaki dan bantingan suspensinya terasa normal.

Setelah merasakan mobil secara singkat di Fatmawati dan Cilandak, Kompas.com cukup kagum bahwa mobil yang dapat dibilang masih enak, dengan kondisi fisik mulus ini hanya mendapat grade B.

Baca juga: Tarif Impor Mobil Listrik Mau Dibebaskan, Jadi Peluang Investasi Otomotif

Salah satu penjaga mobil88 mengatakan, pada dasarnya banyak faktor yang dilakukan mobil88 untuk mengklasifikasikan mobil bekas yang akan dijual. Namun untuk mendapat grade A memang sulit, salah satunya ialah mempunyai jarak tempuh yang sedikit.

Kemudian soal harga jual, Rocky yang Kompas.com jajal dibanderol Rp 221 juta oleh mobil88. Masih bersaing jika dibandingkan di situs jual beli OLX dengan kata kunci "Daihatsu Rocky 1.0 R Turbo ASA" yang dipatok mulai Rp 212 juta - Rp 230 juta tergantung kondisi.

Test drive Daihatsu Rocky bekas milik mobil88Foto: mobil88 Test drive Daihatsu Rocky bekas milik mobil88

Rocky sendiri jadi salah satu produk penting bagi Daihatsu. Pasalnya, SUV ringkas ini merupakan produk pertama yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) serta transmisi CVT di pasar Indonesia.

Melalui Rocky, Daihatsu Indonesia juga membuktikan produknya punya teknologi modern melalui penyematan Advanced Safety Assist (ASA), sebagai fitur asistensi dan keselamatan yang berguna buat masyarakat.

ASA memiliki beberapa fungsi, yakni Pre-Collision Braking dan Warning sebagai peringatan dan asistensi pengereman ketika mobil akan membentur objek.

Baca juga: Video Viral Puluhan Motor Lawan Arah di Busway, Takut Ada Polisi

 

Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88Foto: mobil88 Test drive mobil bekas Daihatsu Rocky 1.0 tipe R Turbo ASA 2T Two Tone milik mobil88

Pada fitur ASA ada Front Departure Alert untuk peringatan saat kendaraan di depan sudah bergerak, kemudian Lane Departure Warning yang memberikan peringatan ketika pengemudi melenceng dari jalur.

Terakhir ada Lane Departure Prevention yang berguna sebagai asistensi gerak mobil agar kendaraan tetap berada dalam jalur.

Mesin turbo 1.000 cc tiga silindernya juga punya asupan tenaga yang cukup baik. Mesin mampu menyuplai 96,4 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 149 Nm pada rentang 2.000 rpm - 4.000 rpm. Harus diakui, meski putaran atas terkesan "gantung", tapi tarikan bawah tak kalah responsif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com