Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Honda All New CR-V Hybrid di GIIAS 2023

Kompas.com - 10/08/2023, 07:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan digelar mulai Kamis (10/8/2023) besok di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Pada H-1, sejumlah perserta pameran terpantau mulai melakukan persiapan agar bisa memaksimalkan gelaran pembuka. Para master of ceremony (MC) pun tampak latihan memperkenalkan produk-produk baru yang siap diluncurkan.

Salah satunya ialah All New Honda CR-V, sebagaimana dipantau redaksi Kompas.com di lokasi, Rabu (9/8/2023).

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Motor Listrik Baru Korlantas, Mirip BMW R 1200 GS

Honda CR-V Plug-in Hybrid Electric Vehicle Dongfeng Honda Honda CR-V Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Meski secara keseluruhan booth Honda Prospect Motor (HPM) tertutup rapat oleh kain hitam, kepastian peluncuran CR-V terbaru terpampang jelas pada tulisan LED berada di sampingnya.

Hal tersebut sekaligus mengonfirmasi rumor yang sempat ramai di media sosial belum lama ini. Kala itu, CR-V terbaru sudah masuk lewat Kawasan Tanjung Priok, Jakarta.

Bahkan, kode mobil baru itu sudah muncul di laman Samsat DKI Jakarta. Dalam laman tersebut terdapat dua varian, dengan kode RS38 T CVT dan RS58 RS CVT ZZ.

Di sana, tertulis juga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) seharga Rp 453 juta dan Rp 500 juta.

Baca juga: Pasang Keyless Aftermarket, Garansi Motor Honda Sudah Pasti Hilang

"Kita tunggu saja ya mas nanti," kata Direktur Pemasaran HPM Yusak Billy belum lama ini.

Dugaan kuat, salah satu varian pada CR-V baru ini ialah berteknologi hibrida. Sebab, pihak perseroan pun sudah melaukan sosialisasi beberapa bulan belakangan.

Mengacu pada spesifikasi global, Honda CR-V generasi keenam ini disajikan dalam empat varian yakni EX, EX-L 1.500 cc VTEC Turbo, Sport dan Sport Touring yang akan hadir dengan teknologi hybrid terbarunya.

Dari segi dimensi, generasi CR-V terbaru tampil lebih bongsor dari versi saat ini, yakni dengan panjang 4.694 mm, lebar 1.864 mm dan tinggi 1.681 mm.

Menyoal tampilan, Honda CR-V mengusung perubahan drastis yang tak hanya menegaskan kesan SUV premium, namun juga kental nuansa baru perpaduan aura sporty dan elegan. Ini terlihat dari pola garis tegas dengan kap mesin yang memanjang.

Baca juga: Ini yang Bikin Peserta Tidak Lulus Ujian Praktik SIM C di Lintasan Baru

Untuk tipe EX dan EX-L akan menggunakan pelek berdimensi 18 inci, sedangkan kedua tipe Sport mengusung pelek berukuran 19 inci dengan balutan warna gelap. Melarnya dimensi berdampak pada sisi kelapangan kabin, apalagi wheelbase juga bertambah 40 mm menjadi 2.700 mm.

Nuansa baru juga ditemui pada sisi interior yang dirancang lebih modern. Layout dasbor kabin interior CR-V bisa dibilang mengambil tampilan dari Civic terbaru.

Ventilasi AC dibuat ramping dengan desain kontrol suhu yang sederhana, dan semua jok dilapisi kulit sintetis lengkap dengan detail jahitan.

Sementara untuk jantung pacu, CR-V anyar ini bakal ditenagai oleh mesin 2.000 cc turbo dan sistem e:HEV full hybrid. Akumulasi yang dihasilkan mampu memproduksi tenaga sebesar 204 tk dan torsi yang cukup tinggi yakni 371 Nm.

Selain itu, Honda juga tetap menyediakan CR-V dengan mesin 1.500 cc VTEC yang digadang mampu menghadirkan sensasi fun to drive. Olahan tenaga dari mesin ditransfer ke sistem penggerak roda melalui transmisi CVT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com